Anak Perusahaan Indomobil Mulai Jalani Bisnis Mobil Kia

fea, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 17:17 WIB
Anak Perusahaan Indomobil Mulai Jalani Bisnis Mobil Kia Kia Stringer di dealer Kia di Wisma Indomobil di Jalan MT Haryono, Jakarta. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak perusahaan naungan Grup Indomobil, Kreta Indo Artha (KIA), pada Rabu (13/11), resmi mengumumkan menjalani operasi bisnis merek mobil Kia di Indonesia. KIA merupakan Agen Pemegang Merek (APM) Kia yang bertanggung jawab atas penjualan, purna jual, distributor, dan impor.

"Penunjukan ini merupakan tonggak bersejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Kia Motors Corporation dengan PT Kreta Indo Artha yang merupakan kerjasama antara PT Indomobil Sukses International (Tbk) dengan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya dalam menjalankan bisnis ini," kata Andrew Nasuri, Presiden Direktur KIA, dalam siaran pers.

Andrew saat ini diketahui masih menjabat Presiden Direktur pemegang merek Volkswagen dan Audi, Garuda Mataram Motors. Perusahaan ini juga terafiliasi dengan Grup Indomobil.


Selain Andrew pejabat penting lainnya di KIA yaitu Bambang Subijanto sebagai komisaris dan Meike Tumbelaka sebagai direktur.

Pada Mei lalu, surat selebaran dari Grup Indomobil ke Otoritas Jasa Keuangan menguak informasi pembentukan KIA sebagai usaha patungan antara Indomobil Sukses Internasional dengan Sarimitra Kusuma Ekajaya.

Keterangan resmi KIA menyampaikan penunjukannya sebagai APM sudah dilakukan pada Mei.

Andrew mengatakan saat ini KIA memiliki 24 jaringan penjualan dan purna jual di Indonesia. Mobil-mobil lama yang sudah dijual APM sebelummya, Kia Mobil Indonesia, yaitu Picanto, Rio, Grand Sedona, dan mobil komersial Big-Up K2700 dijual lagi oleh KIA.

KIA memiliki kantor pusat di 'Istana Indomobil' di Pusat Perkantoran Indomobil Group, Wisma Indomobil I, Lantai 7, Jl. MT Haryono Kav. 8, Jakarta. Lokasinya berdekatan dengan merek di bawah payung Indomobil lainnya seperti Hino, Volkswagen, dan Audi. (fea)