4 Alasan Ponsel Cepat Panas

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 07:22 WIB
4 Alasan Ponsel Cepat Panas Ilustrasi bermain gim. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebab ponsel panas bukan hanya karena pemakaian berlebihan, tetapi juga bisa disulut hal lain. Berikut kondisi yang bisa menyebabkan ponsel cepat panas:

Berada di Lingkungan Panas

Apabila ditinggal di lokasi panas, sangat memungkinkan ponsel ikut menjadi panas.


Jika bagian belakang ponsel yang terasa panas, itu bisa jadi efek overheat. Hal ini disebabkan komponen baterai ponsel yaitu lithium yang sensitif terhadap suhu tinggi.

Contoh situasi ponsel kepanasan karena lingkungan yakni meletakkan ponsel di dasbor mobil atau di pantai pada siang hari.

Bermain Gim Terlalu Lama

Gim mobile biasanya memiliki tampilan grafis penuh warna yang menyedot kecepatan kerja ponsel. Jika terlalu lama bermain gim, ponsel akan menjadi cepat panas. Beri jeda saat bermain gim untuk mengatasi hal tersebut terulang kembali.

Charger Rusak

Jika ponsel terasa panas di bagian bawah, ada baiknya Anda cek ulang kondisi kabel pengisi daya atau bahkan pada konektor. Menggunakan kabel yang tidak sesuai bisa mengakibatkan ponsel mudah panas saat sedang di-charge.

Belum Memperbarui Sistem

Ponsel yang mudah panas bisa berarti bahwa ada masalah pada ponsel tersebut. Apalagi jika peningkatan suhu terjadi saat ponsel sedang tidak digunakan. Periksa kembali beberapa faktor seperti pembaruan OS, software, aplikasi, atau bahkan memang baterai yang harus diganti. (ndn/fea)