Cara Amati Bintang Kejora dan Jupiter di Ufuk Barat Pekan Ini

eks, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 13:05 WIB
Cara Amati Bintang Kejora dan Jupiter di Ufuk Barat Pekan Ini Ilustrasi (Screenshot via web Nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang pekan ini dua bintang terang akan tampak di ufuk barat langit Indonesia. Meski tampak sangat terang, tapi kedua bintang ini sebenarnya adalah planet Venus dan Jupiter, bukan bintang.

Di Indonesia, planet Venus yang bersinar terang ini dikenal juga sebagai bintang kejora. Keduanya bisa dilihat satu jam setelah matahari terbenam di ufuk barat.

"Sejak matahari tenggelam lihat ke arah barat, mungkin orang awam akan melihat sebagai bintang terang padahal itu planet, yang lebih lebih terang Venus dan yang agak redup Jupiter," jelas Rhorom Priyatikanto, peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN lewat sambungan telepon, Selasa (19/11).


Posisi kedua planet ini akan makin merapat pada akhir pekan, tepatnya Minggu (24/11) mendatang.

Sebelumnya, awal pekan ini Thomas Djalaludin mengeposkan hal serupa soal bintang terang yang tampak di ufuk barat lewat akun Instagram miliknya.

"Selepas maghrib lihatlah langit barat. Ada 2 bintang cemerlang: planet Venus (bintang Kejora) dan planet Jupiter. Ayo nikmati langit malam yg penuh bintang. Kurangi polusi cahaya dg mengurangi lampu luar," tulisnya, Senin (18/11).

[Gambas:Instagram]

Menurut Rhorom waktu pengamatan kedua bintang ini hanya berkisar 1 jam saja. Sebab, selepas jam 7 malam kedua planet ini sudah tenggelam di barat, menyusul arah tenggelamnya matahari. Dilansir dari Earth Sky, dilihat dari wilayah ekuator, Venus dan Jupiter akan tenggelam 1 jam 50 menit setelah matahari tenggelam.

Pengamatan Jupiter, menurut Rhorom posisi pengamatan selalu berubah selama setahun.

"Dalam setahun lebih Jupiter pindah posisinya pelan-pelan, kadang tampak terang saat tengah malam, kadang sore, kadang pagi," tuturnya.

Sementara waktu pengamatan planet Venus menurut Rhorom tahun ini terjadi dua kali dalam setahun. Pada Januari lalu Venus terlihat di ufuk timur. Sementara November planet ini terlihat di ufuk barat.

"Januari tahun ini, kedua planet pernah tampak berdekatan saat fajar. Kali ini, berdekatan saat senja," tambah Rhorom.

[Gambas:Video CNN]


Pada 22 Januari lalu kedua planet ini memang sempat berdekatan. Keduanya akan mencapai titik terdekat pada 24 November mendatang. Kedua planet ini akan kembali terlihat berdekatan pada 11 Februaru 2021.

Venus kemungkinan tampak diangkasa sekitar 30 menit setelah matahari tenggelam. Sementara Jupiter muncul 15 menit setelah Venus terlihat. Keduanya bisa dinikmati dengan mata telanjang. Pengamatan juga bisa dilakukan dengan binokular.

Tahun depan konjungsi keduanya tak akan terlihat sama sekali. Sebab, interval keduanya berdekatan antara 10-15 bulan sekali. Tahun ini terhitung istimewa karena Jupiter dan Venus terlihat dua kali dalam setahun. Umumnya, dua planet ini terlihat setahun sekali.

Untuk membantu menentukan posisi pengamatan, Anda bisa mengunduh aplikasi seperti Google Sky Maps atau StarTracker. (eks)