Peneliti Temukan Fosil Kera Raksasa Kerabat Orang Utan

CNN, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 13:49 WIB
Peneliti Temukan Fosil Kera Raksasa Kerabat Orang Utan Ilustrasi (Irsan Mulyadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti menemukan fosil kera raksasa yang sudah punah. Kera ini serupa dengan King Kong yang populer di film Hollywood. Sebab badannya setinggi 3 meter dengan berat 600 kilogram, dua kali berat gorila. Di perkirakan kera raksasa yang berkerabat dengan orang utan ini hidup di selatan China.

Namun, analisis ini baru berdasarkan temuan potongan rahang semata. Peneliti belum menemukan kerangka lengkap dan tulang lain. Sehingga temuan ini masih dalam spekulasi.

Temuan rahang ini pertama kali ditemukan peneliti pada 1935. Mereka melihat fosil ini di sebuah toko obat tradisional di Hong Kong yang dijual sebagai gigi naga.

"Ini adalah spesies yang penuh teka-teki," kata Enrico Cappellini, seorang profesor di Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran, Institut Globe Universitas Global Institut Copenhagen, Denmark.
"Ada hipotesis berbeda tentang apa yang bisa menjadi organisme hidup terdekat (dari fosil itu)."


Para peneliti akhirnya mengekstrak informasi dari gigi berusia 1,9 juta tahun itu. Dari hasil penelitian itu, mereka berkesimpulan bahwa kera raksasa ini punya hubungan kekerabatan yang erat dengan orangutan.

"Materi genetik (fosil ini) menyelesaikan perdebatan. Secara genetik, ini terlihat seperti orang utan," katanya, seperti dikutip CNN

[Gambas:Video CNN]

Para peneliti mengungkap hubungan genetis ini dengan mengorek protein yang ada di gigi molar fosil primata itu. Hasil penelitian mereka ini dipublikasikan pada jurnal sains Nature, Rabu (13/11).

Teknik ini dikenal sebagai paleoproteomics. Cara serupa biasanya digunakan juta untuk mengungkap sejarah yang tersembunyi di fosil yang terlalu tua untuk diungkap lewat peneltian DNA.

Satu-satunya bukti kera raksasa ini punah 300 ribu tahun lalu adalah temuan empat rahang dan ribuan gigi. Fosil ini sendiri berasal dari gua yang ada di selatan China. Sehingga mengungkap kemungkinan adanya hubungan evolusi antar kera ini dengan orang utan yang hidup. (eks)