Google Search Go, Aplikasi Pencari Ringan Buat HP 'Murah'

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 14:35 WIB
Google Search Go, Aplikasi Pencari Ringan Buat HP 'Murah' Logo Google. (Google).
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mulai menyediakan mesin pencari versi 'ringan' yang disebut Google Search Go. Aplikasi ini ditujukan bagi pengguna ponsel pintar (smartphone) Android dengan spesifikasi yang rendah.

"Misi kami adalah membantu pengguna menemukan informasi yang relevan dan tepat saat mereka membutuhkan. Maka itu, kami membuat produk Google Go sehingga bisa diakses oleh banyak pengguna," kata Group Product Manager Google Search, Bibo Xu saat media briefing di kantor Google Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setidaknya ada tiga fitur yang ditawarkan Google Go, yakni fitur pembaca halaman web, Key Moments, dan fitur Lens di Google Image Search.


Pertama, fitur pembaca halaman web. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan situs yang tengah diakses dan dibantu oleh Google Translate.


"Fitur ini kami luncurkan karena kami tahu ada banyak orang yang lebih suka mendengarkan atau menonton konten daripada membaca halaman web yang panjang," tutur Xu.

Saat pengguna mengakses situs, cukup mengetuk kalimat yang ingin didengarkan. Xu mengatakan saat ini baru ada dua bahasa daerah yakni bahasa Sunda dan Jawa.

Kedua, Key Moments. Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang mereka inginkan di dalam sebuah video.


Kreator konten atau bahasa lainnya Youtuber dapat menyematkan tulisan di dalam video yang mereka unggah, agar para pengguna dapat mencari kata yang mereka inginkan.

"Para Youtuber dapat menyematkan tulisan melalui fitur Key Moments di menit atau detik kapanpun yang mereka inginkan," terang Xu.

Fitur terakhir yaitu Lens di Google Image Search. Jika pengguna hendak melihat sesuatu dalam gambar yang ingin diketahui, seperti motif batik, pengguna bisa memakai fitur Lens dalam bahasa Indonesia untuk mengeksplorasi lebih lanjut dalam gambar.
[Gambas:Video CNN] (din/lav)