Cara Buat Konsumen Tak Lari, Mitsubishi Benahi Purna Jual

Febri Ardani, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 14:48 WIB
Cara Buat Konsumen Tak Lari, Mitsubishi Benahi Purna Jual Ilustrasi logo Mitsubishi di lingkar kemudi. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membenahi layanan purna jual seiring pertumbuhan penjualan mobil dan penambahan dealer.

Layanan ini termasuk memberikan garansi suku cadang dan aksesori, menambah cakupan kota servis 24 jam, dan khusus buat Xpander diberikan garansi kerusakan ban selama satu tahun.

MMKSI sedang mengalami lonjakan penjualan signifikan sejak Xpander meluncur pada 2017. Total penjualan mobil penumpang Mitsubishi pada 2017 127.395 unit meningkat menjadi, lalu 142.861 unit pada 2018, dan ditargetkan 150 ribu unit pada 2019.


MMKSI juga menyatakan ingin mendirikan total 153 dealer hingga 1 April 2020. Saat ini dealer Mitsubishi berjumlah 145 unit.

Pengembangan

Mulai 1 Desember 2019, suku cadang orisinal yang dibeli konsumen mendapatkan garansi selama satu tahun atau 20 ribu km. MMKSI menjelaskan suku cadang yang dijamin garansi bukan fast moving seperti kampas rem, oli, atau busi.

Buat aksesori orisinal yang dibeli dan dipasang secara resmi oleh bengkel resmi dijamin garansi tiga tahun atau pemakaian 60 ribu km.

Layanan 24 jam Mitsubishi kini berkembang beroperasi di 44 kota, bertambah dari sebelumnya hanya sembilan kota. MMKSI juga sekarang menawarkan layanan baru berupa pengisian bahan bakar lima liter bila mobil konsumen mogok di jalan.

Selain itu, bila mobil konsumen mogok dan harus digotong ke bengkel resmi maka konsumen bisa memilih mendapatkan mobil pengganti atau menginap di hotel senilai Rp1,5 juta.

MMKSI juga menawarkan produk aftersales baru seperti ban, aki, lampu halogen, oli, dan yang menarik adalah instant tire repair kit (alat tambal ban darurat).

MMKSI juga berencana menambah jaringan perbaikan bodi dan cat dari saat ini 15 dealer yang bisa menanganinya menjadi total 20 dealer.

"Tahun ini kita telah mendapat customer satisfaction nomor satu dan seperti saya katakan sebelumnya saya ingin membuat merek Mitsubishi dengan aftermarket menjadi lebih baik," kata Direktur Aftersales MMKSI Eiichiro Hamazaki di Jakarta, Jumat (22/11).

(fea/mik)