Mazda CX-8 Meluncur, Harganya 'Bimbang' Jepang atau Eropa

fea, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 17:44 WIB
Mazda CX-8 Meluncur, Harganya 'Bimbang' Jepang atau Eropa Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia, Jumat (22/11). (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemegang merek Mazda di Indonesia, Eurokars Motor Indonesia (EMI), kini menawarkan SUV 7-penumpang yang menempati posisi unik, CX-8, di Jakarta, Jumat (22/11). Dari posisi harga, CX-8 berada di atas SUV Jepang namun lebih murah ketimbang model mewah Eropa.

Tidak seperti CX-9 yang pernah dijual sebelumnya, CX-8 tak punya sejarah di Indonesia. Model ini telah mendebut pada Desember 2017, lantas dijual di Jepang lebih dulu.


Mazda CX-8 Meluncur, Harganya 'Bimbang' Jepang atau EropaInterior Mazda CX-8. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

CX-8 merupakan SUV terbesar Mazda yang dijual di Jepang alasannya karena CX-9 tak dijual di sana. Sedangkan di Indonesia, CX-8 mengisi pasar di bawah CX-9 dan di atas CX-5.


"All-New Mazda CX-8 ini pada awalnya hanya dijual di Jepang saja. Tetapi karena semakin meluasnya permintaan di luar Jepang maka mulai dijual ke Australia dan untuk pasar Asia Tenggara hanya tersedia di Malaysia, Filipina, Thailand, dan kini Indonesia," kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur EMI.

Dimensi panjang CX-8 4,9 m, lebar 1,84 m, dan tinggi 1,73 m, itu lebih pendek 175 mm, lebih sempit 129 mm, dan lebih rendah 17 mm dari CX-9. Walau begitu kedua model ini punya wheelbase yang sama, yakni 2,93 m.

CX-8 menggunakan basis mesin yang sama dengan CX-9, yakni Skyactiv-G 4-silinder 2.500 cc bertenaga 190 PS dan torsi 252 Nm. Namun beda dari CX-9 yang menggunakan turbo, CX-8 non-turbo.

Eksterior CX-8 menggunakan bahasa desain Kodo seperti model Mazda modern lengkap dengan pelek 19 inci. Dari luar, penampilannya terlihat seperti CX-9 yang berukuran lebih kecil.

Di kabin, terdapat pelapis Nappa buat varian tertinggi sedangkan yang standar berbahan kain. Sistem hiburan dilengkapi headunit 8 inci dengan 10 speaker Bose buat varian tertinggi dan enam speaker untuk standar.

EMI menjual CX-8 dalam dua varian, yakni Touring Rp664,8 juta dan Elite Rp746,8 juta. Perbedaan harga kedua varian itu bisa signifikan salah satunya karena Touring tidak dilengkapi satupun fitur i-Activesense.

Sedangkan Elite dibekali fitur i-Activesense, yaitu Adaptive LED Headlight, Blindspot Monitoring System and Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist System, Smart City Brake Support, Pedestrian Brake, dan Driver Attention Alert.

Walau berbeda cukup banyak, semua varian mendapatkan enam airbag, Antilock Braking System dengan Electronic Brakeforce Distribution dan Brake Assist, Dynamic Stability Control dan Traction Control System, Emergency Stop Signal, G-Vectoring Control, Front and Rear Parking Sensor, dan Rear View Parking Camera.

Harga yang ditawarkan EMI buat CX-8 lebih tinggi dari SUV Jepang 7-penumpang sejenis misalnya Honda CR-V Rp455,3 juta - Rp531,1 juta dan lebih rendah dari SUV mewah Eropa seperti Peugeot 5008 Rp820 juta.

Roy mengatakan rentang harga yang ditawarkan pada CX-8 tidak ada di Indonesia. Menurut dia karena itulah CX-8 hadir untuk mengakomodasi peminat SUV 7-penumpang yang ingin naik kelas namun belum mau beli pilihan di atas Rp800 juta.

"Kalau saya rasa mungkin agak susah kalau dibandingkan CX-8 dengan CR-V, karena ini segmennya berbeda. Ini kan ada 7-seater [Touring] dan 6-seater [Elite] dan itu speknya juga beda. Saya rasa ini segmen baru antara yang harga Rp400 juta-Rp500 juta dengan Rp800 ke atas," jelas Roy. (fea)