Mazda CX-8 Diimpor dari Malaysia

CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 20:55 WIB
Mazda CX-8 Diimpor dari Malaysia Mazda CX-8. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Model baru Mazda di Indonesia, CX-8, diimpor dari pabrik perakitan di Malaysia. Hal ini tergolong baru dilakukan pemegang merek Mazda di dalam negeri, Eurokars Motors Indonesia (EMI), sebab sebelumnya produk-produk Mazda diimpor dari Jepang dan Thailand.

"Sebenarnya produksi awal dari Malaysia, cuma kan tidak menutup kemungkinan CX-8 tidak hanya di Malaysia. Tetapi untuk tahap pertama ini, untuk memenuhi kebutuhan waktu launching, kami ambil dari Malaysia," jelas Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur EMI, di peluncuran CX-8 di Jakarta, Jumat (22/11).

Menurut Roy, EMI sudah mengimpor 100 unit CX-8 dari Malaysia. Seluruh unit itu sudah tiba di Indonesia pada tahun ini.


Roy juga mengatakan impor 100 unit itu sudah direncanakan sejak awal tahun dan disetujui oleh Kementerian Perindustrian yang mengawal aktivitas ekspor dan impor produk otomotif.

Seluruh mobil Mazda yang dijual di dalam negeri merupakan produk impor. Produk 3, CX-3, CX-5, CX-9, 6, dan 3 diimpor dari Jepang, cuma satu model yaitu 2 yang diimpor dari Thailand.

Mazda di Malaysia mulai memproduksi CX-8 secara completely knock down (CKD) sejak 24 September. Lokasi produksinya di pabrik Kulim, Kedah, Malaysia. Selain di Malaysia, CX-8 juga diproduksi di Jepang. (fea)