SUV Harga Miliaran yang Ahok Tumpangi Saat ke Pertamina

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 25/11/2019 20:12 WIB
SUV Harga Miliaran yang Ahok Tumpangi Saat ke Pertamina Toyota Land Cruiser berpelat B 1171 BH yang tumpangi Ahok. (Foto: ANTARA/Aji Cakti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Basuki Tjahja Purnama alias Ahok diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (25/11). Ahok pun mendatangi Kementerian BUMN untuk mengambil SK pengangkatan dirinya sebagai Komisaris Utama.

Setelah itu, Ia pun melakukan kunjungan perdananya ke kantor barunya di Gedung Perwira 4, kantor Pertamina Pusat di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Ahok tampak datang menggunakan mobil SUV hitam yang diiringi satu Voorijder menggunakan motor besar (moge) dari pihak kepolisian.


Tepat pada pukul 11.40 WIB, mobil Toyota Land Cruiser berpelat B 1171 BH yang tumpangi Ahok pun berhenti di depan kantor baru Ahok. Bagian fasia depan mobil tampak modifikasi, yakni sudah tidak lagi menggunakan logo Toyota. Namun mobil masih menggunakan roof rail di bagian atapnya.

Profil SUV diimpor dari Jepang ini cukup besar. Walaupun berbodi besar dan 'jangkung', namun Ahok dengan mudah turun dari mobil tersebut. Tak banyak berkomentar kepada pewarta yang menunggunya, ia pun langsung memasuki kantor barunya.

Mengutip situs resmi Toyota Indonesia, Land Cruiser tersedia dua pilihan, yaitu 200 STD Spec A/T Diesel dan 200 Full Spec A/T Diesel.

Keduanya memiliki dimensi yang sama, yaitu panjang 4.950 mm, 1.970 mm, tinggi 1.905 mm dan wheelbase 2.850 mm. Untuk menggerakkan bodinya yang berukuran besar, pabrikan menyematkan mesin diesel kapasitas 4.461 cc Commonrail with Twin Turbo.

Untuk penunjang keselamatan, pemanufaktur menyediakan fitur ABS, EBD, BA. Yang membedakan hanya pada fitur keselamatan dan entertainment di dalam kabin penumpang. Untuk tipe STD Spec dijual Rp2,059 miliar dan tipe Full Spec Rp2,395 miliar.

Basuki Tjahja Purnama menumpangi Toyota Land Cruiser.Basuki Tjahja Purnama menumpangi Toyota Land Cruiser. (Foto: CNN Indonesia/Aria Ananda)
Pantauan CNNIndonesia.com, sekitar 30 menit kemudian, Ahok keluar sambil membawa berkas yang diberikan kepada ajudannya. Berkas tersebut ternyata merupakan pemberian dari eks Komisaris Utama, Tanri Abeng yang akan Ia gantikan posisinya.

"Dia (Tanri Abeng) kasih saya berkas, (untuk) saya pelajari," tuturnya.

Ahok kemudian menjelaskan acara serah terima jabatan pengangkatan dirinya akan dilakukan pekan depan.

"Secara seremonial baru serah terima minggu depan lah," pungkasnya.

Selanjutnya, Ahok merasa enggan membicarakan perasaannya setelah secara resmi menjabat Komisaris Utama Pertamina. Tanpa bicara sepatah kata, Ahok hanya 'melempar' senyum semringah sambil terburu-buru masuk ke SUV tersebut, dan melambaikan tangan dari jendela kaca mobil yang Ia buka pada bagian belakang sebelah kiri mobil tempatnya duduk.

[Gambas:Video CNN] (ara/mik)