Cara AHM Siapkan Influencer Muda Keselamatan Berkendara

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 00:00 WIB
Cara AHM Siapkan Influencer Muda Keselamatan Berkendara (Foto: Dok AHM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keterbukaan informasi memberi ruang yang luas bagi generasi muda untuk mengekspresikan ide dan pemikirannya, termasuk untuk menyebarkan semangat keselamatan berkendara dengan berbagai cara yang kreatif dan berdampak luas di media sosial.

Untuk menyinergikan generasi muda, kreativitas, dan keselamatan berkendara, PT Astra Honda Motor (AHM) melahirkan kampanye kreatif #Cari_Aman dalam berbagai program. Sebut saja program Safety Riding Camp, Student Camp, Short Movie Contest, dan kegiatan asah kreativitas melalui platform media sosial TikTok.

Kampanye kreatif ini melengkapi aktivitas kampanye keselamatan berkendara lain dari AHM. Sebelumnya ada praktek berkendara, seminar, permainan edukatif, pembelajaran dari buku panduan, penggunaan alat simulasi Honda Riding Trainer (HRT), dan pengembangan Laboratorium Safety Riding di sekolah binaan AHM.


General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda masa kini mempunyai kekuatan besar untuk menyebarkan berbagai pesan kebaikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Bila diarahkan dengan tepat dan ditampilkan secara menarik, kata Muhibbuddin, kekuatan inspirasinya akan meluas.

"Dengan bekal karakter positif dan komunikasi efektif khas anak muda, kami berharap dapat tercipta budaya baru dalam berkendara sekaligus mengembangkan model kampanye yang menyenangkan, sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Muhibbuddin.

Untuk mendukung kampanye keselamatan berkendara, kata Muhibbuddin, Laboratorium Safety Riding Astra Honda turut dibangun untuk membangun kesadaran bersama terhadap keselamatan berkendara di lingkungan sekolahnya.
Foto: Dok AHM
Muhibbuddin juga menjelaskan kegiatan Safety Riding Camp dan Student Camp mengajak generasi muda lintas provinsi mengasah kemampuan menyampaikan pesan-pesan keselamatan berkendara dengan cara yang menarik di dunia digital.

Mereka dibekali kemampuan fotografi, penulisan artikel dalam kanal situs web pribadi, dan membuat konten video di social media. Seusai mengikuti kegiatan ini, para peserta didaulat menjadi Duta Safety Riding di area regional.       

AHM juga mewadahi gerakan generasi muda sebagai influencer untuk menyebarkan kesadaran keselamatan berkendara dalam program Short Movie Contest. Mengusung tema 'Alon-Alon Waton Move On', kegiatan ini menantang kreativitas muda dalam mengampanyekan keselamatan berkendara dengan mengangkat nilai kearifan lokal melalui media video.     

Di Tahun 2019, AHM Latih 1 Juta Orang Tentang Safety Riding

Kegiatan kampanye keselamatan berkendara ini turut didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor dan jaringan bisnis AHM, termasuk jaringan main dealer dan anak perusahaan. Tercatat sejak Januari hingga Oktober 2019, AHM berhasil memaparkan ilmu Safety Riding setidaknya pada 992.428 orang. 

Kini, kampanye #Cari_Aman telah menyentuh 166.000 pelajar dari 1.676 sekolah dan 826.427 masyarakat umum. Melalui alat peraga Honda Riding Trainer yang telah tersebar di 928 Dealer Safety Riding di seluruh Indonesia, AHM telah melatih 1.322.827 orang untuk memahami cara berkendara dengan pilihan beragam kondisi jalan raya.

Untuk mendukung kegiatan kampanye safety riding, AHM saat ini memiliki 153 instruktur terlatih serta 2.364 advisor Safety Riding Honda. (adv/adv)