Netizen Kenang Sosok Konglomerat Ciputra

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 14:18 WIB
Kepergian pengusaha properti Ciputra meninggalkan luka, tercermin dari ramainya komentar netizen di laman media sosial Twitter dengan tagar #pakci dan #ciputra. Pengusaha properti Ciputra. (Screenshot via instagram @ciputra.group).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian pengusaha properti Ciputra meninggalkan luka mendalam bagi masyarakat. Hal itu tercermin dari ramainya komentar netizen di laman media sosial Twitter dengan tagar #pakci dan #ciputra.

Sebut saja Regina Ciputra Pesela, pemilik akun @yggeggy yang mengungkapkan kesedihannya karena telah kehilangan sosok yang menginspirasi.

"Selamat jalan, Pak Ci.. Membaca tentang hidupmu ketika saya menjadi siswa SMA membuat saya mendorong diri saya di industri ini. Bahkan saya membangun sekolah dengan namamu. Terima kasih telah menjadi inspirasi. Pak Ciputra (1931-2019)," ujarnya.



Tak hanya itu, Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam akun Twitter pribadinya @GWirjawan juga mengungkapkan bahwa Almarhum Ciputra merupakan contoh nyata dari menjalani kehidupan dengan baik.


Adapula komentar lain dari Dika Irawan dalam akun Twitter @dhikha_irawan. Menurut wartawan bidang ekonomi ini, Ciputra merupakan tokoh yang mampu menyulap sejumlah kawasan menjadi lebih baik dengan keahliannya di sektor properti.


Konglomerat pendiri Ciputra Group itu meninggal pada Rabu (27/11) dini hari, pukul 01.05 waktu setempat.

Ciputra yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada 1931 itu adalah seorang arsitek yang kemudian dikenal sebagai pendiri pengusaha properti nasional. Ia mendirikan perusahaan properti bersama keluarga pada 1981 silam.


Sebelum menjadi pengusaha, Ciputra meniti karirnya di perusahaan BUMD DKI Jakarta, Jaya Group. Dari sana ia membangun Taman Impian Jaya Ancol sebagai taman rekreasi.

Kemudian, bersama rekan-rekannya, ia mendirikan Metropolitan Group. Tiga usaha yang dipegangnya itu terkena pukulan krisis ekonomi pada 1997, sebelum Ciputra bangkit dan ekspansi usaha lebih luas.

Sampai akhirnya Forbes mendapuk Ciputra sebagai orang terkaya ke-27 di Indonesia. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$1,3 miliar atau Rp18,2 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS).

Jenazah Ciputra akan disemayamkan di rumah duka keluarga di Jalan Bukit Golf Utama PA 1-2, Jakarta Selatan. (lav/lav)