Tumbuhkan UMKM Lokal, GrabKitchen Buka Cloud Kitchen di Medan

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 14:29 WIB
Tumbuhkan UMKM Lokal, GrabKitchen Buka Cloud Kitchen di Medan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Forbet Andres)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab mengumumkan pembukaan perdana GrabKitchen di Medan, Sumatera Utara. Grab meresmikan dua cloud kitchen baru sebagai salah satu wujud komitmen Grab pada penguatan jaringan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Aksi ini sekaligus memperkenalkan konsep cloud kitchen di seluruh Indonesia.

Meskipun dapur delivery-only merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia, GrabKitchen telah memberikan sejumlah keuntungan bagi para pelanggan, mitra merchant, maupun pengemudi. Antara lain waktu pengantaran lebih cepat, bebas biaya sewa dan siap dihuni, fitur All-In-One, dan penghasilan lebih tinggi.


Head of Marketing Grab Food and New Business Grab Indonesia Ichmeralda Rachman mengatakan efek positif kehadiran GrabKitchen di Medan juga diharapkan dapat menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan perekonomian, baik secara lokal maupun nasional.

"Inisiatif GrabKitchen Medan ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bisnis UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian setempat," ujar Ichmeralda melalui keterangannya, Medan, Rabu (27/11).

Selain itu, sebagai jaringan cloud kitchen terbesar di Asia Tenggara, GrabKitchen telah menjadi solusi inovatif untuk menjembatani kesenjangan permintaan pelanggan akan makanan dengan menyediakan berbagai pilihan makanan populer.

"Saat ini, kami mengoperasikan 30 cloud kitchen di Jakarta, Bandung, Bali, serta Medan. Pada saat yang bersamaan, GrabKitchen mendorong UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui cara-cara inovatif terbaru dengan biaya rendah dan risiko yang kecil. Ke depannya, kami berencana untuk membuka lebih banyak cabang di seluruh Indonesia untuk mendukung pertumbuhan bisnis mitra merchant kami."

Berkembang Pesat

Salah satu mitra merchant Fahmi Al Syahid mengaku sejak bergabung dengan GrabFood, bisnisnya telah berkembang pesat dan bisa meminimalisasi tingginya cost untuk membuka restoran atau cabang baru.

"Melalui GrabKitchen, kami dapat memangkas biaya ini dan berfokus pada sisi operasional serta pelayanan terhadap konsumen. Saya berharap kesempatan ini akan terbuka lebar bagi lebih banyak merchant," ujar pemilik Ayam Goreng Karawaci Medan itu. (fef)