Bos Lippo Buka-bukaan Soal Kegagalan MatahariMall.com

CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 17:01 WIB
Bos Lippo Buka-bukaan Soal Kegagalan MatahariMall.com Ilustrasi Mataharimall.com (CNN Indonesia/Aditya Panji).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Grup Lippo, Mochtar Riady membeberkan penyebab kegagalan platform e-Commerce MatahariMall.com miliknya yang tutup akhir 2018 lalu.

Ia bercerita, MatahariMall.com gagal karena memulai membangun sesuatu dari besar, bukan dari kecil ke besar sesuai dengan hukum alam.

Menurut dia, pembangunan usaha harus dimulai dari kecil, bukan dari suatu yang tidak ada kemudian tiba-tiba menjadi besar.


"Kegagalan MatahariMall.com karena melanggar hukum alam. Usaha itu selalu harus mulai dari kecil, pelan-pelan menjadi besar, tidak bisa langsung. Rencana kerja harus besar, think big starting from small," kata Mochtar dalam acara Indonesia Digital Conference di Jakarta Pusat, Kamis (28/11).


Mochtar mengatakan MatahariMall.com juga gagal karena terlalu fokus mengurus sisi teknologi. Padahal yang penting adalah barang yang dijual di platform tersebut.

"Seolah-olah kalau melakukan suatu e-commerce ini, dititikberatkan pada teknologinya. Langsung pekerjakan 300 orang teknisi," kata Mochtar.

Kemudian Mochtar juga mengatakan MatahariMall.com harus bisa menentukan apakah membuka sekedar toko di internet atau membangun pasar di internet.

"Jadi hati-hati, jangan seolah-olah e-Commerce ini bercerita tentang teknologi. Ini hanya sebagai salah satu instrumen saja. Justru barang yang diperjualbelikan itu yang paling utama," kata Mochtar.

(jnp/lav)


ARTIKEL TERKAIT