Penyebab Facebook dan Instagram Down Kamis Malam

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 08:06 WIB
Penyebab Facebook dan Instagram Down Kamis Malam Ilustrasi Instagram. (Dok. Instagram).
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook mengaku telah memperbaiki masalah yang membuat beberapa pengguna tidak dapat mengunggah foto atau menjawab pesan di Facebook dan Instagram pada Kamis (28/11) malam.

Jumat (29/11) pagi sekitar pukul 3.00 WIB, perusahaan mengatakan bahwa masalah ini telah terselesaikan sepenuhnya.

"Kami kembali ke 100 persen untuk semua orang," kata juru bicara Facebook dikutip dari CNN, Jumat (29/11).


Perusahaan mengatakan telah mengidentifikasi masalah di salah satu sistem perangkat lunak pusat. Facebook mengatakan bahwa hal itu menyebabkan banyak orang mengalami kesulitan mengakses sejumlah aplikasi milik Grup Facebook, termasuk Instagram.


Sebelumnya, situs Down Detector melacak gangguan pada Instagram meningkat pesat pada pukul 21.00 WIB dengan lebih dari 13 ribu masalah yang dilaporkan.

Masih menurut DownDetector, Instagram menderita yang terburuk di Eropa tengah, dengan #InstagramDown tren di Twitter di Inggris, sementara pengguna Facebook melaporkan pemadaman di seluruh AS.

Beberapa hal yang terpengaruh antara lain, gambar sulit diunggah ataupun diunduh, dan pergerakan umpan berita (news feed) lambat. Pemadaman aktivitas di Instagram memicu keluhan di Twitter.

Saat itu, sejumlah netizen mengeluhkan Instagram yang kembali mengalami down pada Kamis (28/11) malam. Beberapa netizen melaporkan gangguan pada Instagram seraya mengunggah tangkapan layar halaman pada aplikasi yang tidak bekerja.



Pada Juli lalu, Facebook, Instagram dan WhatsApp juga mengalami down selama hampir satu hari. Masalah yang akhirnya dikaitkan dengan 'perubahan konfigurasi server' yang bertahan selama lebih dari 24 jam.

Gangguan dalam kurun waktu panjang itu menyebabkan para pengiklan marah karena telah menyia-nyiakan banyak uang untuk menjangkau pelanggan potensial di platform-platform tersebut.

Jejaring sosial andalan perusahaan yakni Facebook memiliki lebih dari 2,3 miliar pengguna, dan Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

[Gambas:Video CNN] (lav/lav)