Yamaha NMax Baru Bisa Terkoneksi dengan Smartphone

CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 21:15 WIB
Fitur yang dinamakan Communication Control Unit (CCU) itu bisa terkoneksi dengan ponsel pintar pengguna Yamaha NMax 2020. Yamaha NMax. (CNNIndonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terobosan Yamaha Nmax 2020 salah satunya terletak pada fitur 'koneksi' yang bisa menghubungkan antara sepeda motor dengan telepon pintar pengguna. Fitur tersebut dinamakan Communication Control Unit (CCU).


Fitur seperti ini menjadi yang pertama ada pada sepeda motor sekelas Nmax, yaitu skutik 155 cc. Di Indonesia skutik sekelas Nmax yaitu Honda PCX dan ADV 150.


CCU tersebut berfungsi mengkoneksikan skutik Nmax dengan telepon pintar penggunanya. Tapi syaratnya pengguna Android atau ios iPhone harus lebih dahulu mengunduh aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) di Play Store dan App Store. 
 
Baru setelah itu CCU bersama aplikasi Y-Connect dapat dikoneksikan dengan bluetooth.



Menurut Yamaha, fitur ini bisa digunakan pengguna untuk mengetahui kondisi real motornya tanpa harus ke bengkel.

Jika sudah terkoneksi antara CCU dan Y-Connect, tersedia pilihan pada aplikasi Y-Connect di telepon pintar untuk mengetahui kondisi kendaraan. Dari aplikasi tersebut nanti muncul informasi terkait motor Anda.



Informasi yang saat ini bisa diberikan kepada pengguna antaranya mengetahui kondisi pelumas mesin dan voltase baterai atau accu. Jika lambang mesin pada aplikasi berwarna biru berarti kondisi oli bagus, sementara merah butuh penanganan. Ini bisa diartikan bahwa pengguna Nmax harus segera ganti oli.


Sama dengan pelumas, lambang accu jika biru berarti kondisinya baik. Bila merah berarti membutuhkan penanganan, minimal melakukan pengecekan di bengkel terdekat.


Fitur tersebut juga dapat merekam perjalanan selama satu hari penuh. Nantinya CCU bakal menganalisa berapa jarak, dan konsumsi bahan bakar selama perjalanan. Informasi itu dapat kita peroleh lewat Y-Connect.


Selanjutnya, jika ada kerusakan teknis pada motor, informasi bakal diberikan kepada pengguna melalui email yang terdaftar pada Y-Connect. Notifikasi bakal dikirim melalui alamat itu.

[Gambas:Video CNN]

Aplikasi Y-Connect juga akan menyimpan lokasi parkir motor. Titik parkir yang terekam merupakan lokasi terakhir saat motor unpair atau disconnected dengan telepon pintar.


Terakhir, fitur tersebut juga bisa menjadi alat pemberitahuan saat ada panggilan telepon, email, atau pesan ke telepon pintar pengguna Nmax. Pemberitahuan tersebut bakal muncul di speedometer.

Akurasi Hilang Jika ada Modifikasi

General Manager After Sales & Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin menuturkan fitur tersebut cukup akurat menakar kondisi motor dengan keadaan sebenarnya. Tapi Abidin tidak bisa menerka berapa persentase keakuratan CCU.

"Cukup akurat, tapi saya tidak bisa bilang secara persentase," kata Abidin.


Hanya saja, Abidin menyebut hitung-hitungan bisa saja meleset jika Nmax mengalami modifikasi. Beda berat pada suatu komponen yang diubah mempengaruhi sistem, berdasarkan penuturannya.

"Kalau normal tentu sangat mendekati akurasi. Tapi pengguna Nmax itu setiap saya menemukan 30:1 itu yang mereka tidak mengubah salah satu part. Karena mengubah part hubungannya ke berat dan itu mengubah logiknya," kata Abidin.

(ryh/DAL)