Honda-Yamaha Respons Kemunculan Ninja 250 cc 4-Silinder

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 12:48 WIB
Honda-Yamaha Respons Kemunculan Ninja 250 cc 4-Silinder Honda CBR250R mesin 250 cc 4-silinder. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasaki Ninja 250 cc 4-silinder yang melantai di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 berlangsung di Tokyo Big Sight diprediksi akan masuk pasar otomotif segmen roda dua Indonesia. Pihak Kawasaki Indonesia mengatakan sedang mencari waktu yang tepat untuk meluncurkan motor itu.

Di Indonesia ada tiga pemanufaktur industri otomotif roda dua yang paling menonjol bermain di segmen motor sport fairing 250 cc, yaitu Honda, Kawasaki dan Yamaha.

Sementara Honda dan Yamaha yang menanggapi akan kehadiran Ninja 250 cc 4-silinder justru terkesan 'biasa-biasa' saja. Honda diketahui memiliki CBR250RR, sedangkan Yamaha punya YZF R25, dan masing-masing masih menggunakan mesin 250 cc 2-silinder.


"Kami melihat opsi apakah itu 2-silinder, 4-silinder, 3-silinder, tapi kami putuskan untuk CBR250RR dengan 2-silinder," kata Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma ditemui di Ambarawa, Jawa Tengah akhir pekan lalu.

Menurut Inuma motor sport 250 cc 4-silinder bukan hal baru bagi Honda. Pabrikan pernah punya Honda CBR mesin 250 cc 4-silinder pada 1980an. Namun untuk saat ini Honda masih mempercayai motor sport 250 cc 2-silinder.

"Tapi di masa lalu ya, Honda juga punya 250 cc 4-silinder, Yamaha dan Kawasaki juga, saat 20 tahun lalu. Bagi kami konsumen bertanya soal 4-silinder di masa depan, saat ini kami masih percaya 250 cc 2-silinder," ucap Inuma.

Sementara Executive Vice President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dionysius Beti yang ditemui di sela-sela peluncuran tiga motor baru Yamaha, kemarin, mengatakan masih percaya dengan R25 yang dipasarkan saat ini.

[Gambas:Video CNN]

Dion menjelaskan belum ada kemungkinan kemunculan produk serupa Ninja baru yang sedang dalam tahap masuk ke Indonesia. Sebab ia yakin R25 masih menjadi pilihan konsumen dalam negeri.

"Tapi kami percayalah dengan produk kami punya, segmen masing-masing dan pecinta masing-masing," ujar Dion.

Ninja 250 cc 4-silinder atau ZX-25R menjalani debut global di TMS. Usai peluncuran di Jepang, konsumen Indonesia pun riuh dan berharap motor tersebut segera dipasarkan di Tanah Air.

"Cocok motor ini di Indonesia konsumen juga banyak yang tanya ke kami tentang motor ini. Indonesia jadi salah satu negara yang akan memasarkan motor ini. Jadi kami sudah intens dan mudah-mudahan tidak lama lagi," tutur Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi. (ryh/mik)


BACA JUGA