Join GoFood, RM Padang di Bandung Jual 1.000 Porsi Per Hari

Gojek, CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 12:26 WIB
Join GoFood, RM Padang di Bandung Jual 1.000 Porsi Per Hari Sejak menjadi partner GoFood, omzet penjualan Malah Dicubo meningkat sekitar 40-50 persen. (Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandung tentunya sudah tidak asing lagi dengan wisata kuliner yang nikmat dan beragam. Bahkan di wilayah berjuluk Kota Kembang ini terdapat rumah makan Padang yang ternyata digandrungi banyak orang.

Dengan penjualan yang mencapai 750 hingga 1.000 porsi sehari, Malah Dicubo menjadi salah satu mitra merchant GoFood pilihan yang dikunjungi oleh Plesiran Bareng Gojek.

Pemilik Rumah Makan Malah Dicubo Heryance Murzal (Yance) mengaku setelah menjadi partner GoFood omzet penjualannya meningkat sekitar 40-50 persen. Bahkan saat ini pesanan offline dan online sudah mencapai proporsi sekitar 50:50.


"Tak hanya itu, biasanya kalau sedang hujan penjualan menurun karena jarang yang mau langsung datang ke tempat kami. Tapi dengan GoFood, penjualan nasi bungkus di kala hujan justru meningkat," ujar Yance.

Dampak positif dari fitur teknologi GoFood dapat langsung terlihat pada peningkatan performa bisnis mitra UMKM, seperti yang Yance rasakan. Menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), sebanyak 93 persen responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant GoFood (aplikasi GoBiz).

Bahkan 72 persen responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi ini.

VP Regional Corporate Affairs Gojek Michael Say mengatakan evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

"Lewat Plesiran Bareng Gojek, kami mengenalkan ekosistem Gojek sebagai operating system bagi masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Kota Bandung. Dari mulai bangun tidur sampai mengakhiri hari, masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek," ujar Michael melalui keterangannya, Bandung, Jumat (29/11).

VP Regional Gojek Jawa Barat dan Banten Becquini Akbar menyebut bahwa Gojek membuktikan inovasi teknologi mampu menghadirkan satu sistem terintegrasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat secara menyeluruh, termasuk mampu meningkatkan keuntungan pelaku UMKM. Mengingat kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Bandung pada 2018 telah mencapai Rp2,1 triliun.

"Saat ini, 96 persen dari 500 ribu mitra merchant yang bergabung dengan GoFood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan. Lewat inovasi teknologi dan dukungan ekosistem Gojek secara keseluruhan, kami ingin mitra merchant di Bandung dapat terus tumbuh bersama GoFood sekaligus dapat mendukung pariwisata lokal," ujar Becquini. (fef)