Dorong Kemajuan UMKM Jatim, GrabExpress Gelar Pelatihan

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 11:11 WIB
Dorong Kemajuan UMKM Jatim, GrabExpress Gelar Pelatihan Ilustrasi Grab Indonesia. (Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melihat peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia, Grab menegaskan komitmennya untuk turut memajukan UMKM melalui program #TambahSukses dengan GrabExpress.

Program ini merupakan sarana peningkatan kompetensi pelaku UMKM di Surabaya dan sekitarnya, dengan memberikan pelatihan khusus pemasaran digital dan fotografi.

Tak hanya itu, GrabExpress juga memperkenalkan lima fitur baru yang diharapkan dapat membantu mendorong bisnis wirausahawan mikro di Jawa Timur, khususnya Surabaya, supaya bisa berjalan dengan cepat, aman, dan mudah.


Hal tersebut sejalan dengan komitmen 2025 'GrabforGood' untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat penuh dari ekonomi digital.

Head of GrabExpress Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan program dari Grab itu merupakan upaya dalam mendorong usaha pelaku UMKM agar semakin tumbuh besar dengan memberikan pembekalan kompetensi kepada para pelaku UMKM.

Mengingat pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat cepat karena memiliki nilai ekonomi yang bagus.

"Sejalan dengan misi 2025 'GrabforGood', Grab terus berusaha meningkatkan keterampilan dan menyediakan kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia dalam menyambut masa depan ekonomi digital. Surabaya adalah pintu gerbang perekonomian Jawa Timur, mengingat posisinya yang strategis. Kami yakin perkembangan bisnis dan jangkauan pasar pelaku UMKM di kota ini akan memberikan dampak besar pada kota-kota lain di Jawa Timur," ujar Tyas melalui keterangannya, Surabaya, Kamis (5/12).

"UMKM juga harus didorong dengan teknologi yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tersebut. Ini membuat kami menghadirkan acara #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya. Harapan kami kombinasi antara kompetensi dan dukungan teknologi Grab, bisa memberikan dampak besar pada perekonomian Surabaya, juga tingkat provinsi dan nasional, sejalan dengan komitmen GrabforGood kami," lanjut Tyas.

Di sisi lain, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Mas Purnomo Hadi mengapresiasi langkah Grab dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Jawa Timur.

"Inisiatif Grab ini sejalan dengan Program Pemerintah dalam rangka menjadikan UMKM Jawa Timur yang mandiri dan berdaya saing. Pelatihan pemasaran digital dan fotografi juga sangat membantu meningkatkan kompetensi UMKM yang sangat relevan dengan semangat Revolusi Industri 4.0 sehingga menjadikan UMKM naik kelas," ujar Hadi. (fef)