Komunitas Harley-Davidson Tak Kenal Dirut Garuda

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 17:10 WIB
Komunitas Harley-Davidson Tak Kenal Dirut Garuda Ilustrasi moge Harley-Davidson. (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra (Ari Ashkara) yang terjerat kasus penyelundupan satu unit Harley-Davidson dalam bentuk terutai disebut tak dikenal oleh kalangan komunitas. Bahkan komunitas menyebut Ari bukan bagian dari pecinta motor gede itu.

"Setahu saya tidak. Dirut Garuda tidak main [Harley-Davidson]. Tapi saya tidak tahu apa dia punya Harley atau tidak," kata perwakilan Harley Owners Group (HOG) Indra saat dihubungi melalui telepon, Kamis (5/12).


Komunitas Harley-Davidson Tak Kenal Dirut GarudaKementerian Keuangan merilis temuan komponen motor Harley Davidson bekas dan dua buah Sepeda Brompton ilegal yang masuk ke Indonesia melalui pesawat Airbus A330-900 milik Garuda Indonesia. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Indra juga mengaku sempat bertanya kepada beberapa rekannya terkait sosok Ari pada di komunitas Harley.


"Teman-teman saya juga bilang tidak. Saya juga tidak pernah bertemu [di acara Harley] dan kenal dengan beliau," katanya.

Sama dengan HOG, club Harley-Davidson yang sudah eksis sejak 1990-an yaitu Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) juga mengaku tak mengetahui sepak terjang Ari di dunia moge asal Amerika Serikat ini. Ari juga dikatakan bukan bagian dari HDCI.

"Saya tidak tahu dia main Harley atau tidak, tapi sepertinya dia juga bukan anggota HDCI," kata perwakilan HDCI Ferdo Raturandang.

Ari diketahui sudah memerintahkan pegawainya untuk membeli FLH Electra Glider sejak 2018. Transaksi pembelian telah dilakukan pada April 2019 melalui rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam.

Motor itu akhirnya dibawa ke Indonesia atas nama salah satu pegawainya berinisial SAS pada penerbangan Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330-900 pada 17 November 2019.

Motor tersebut didatangkan langsung dari Prancis. Selain moge Harley-Davidson, ada barang lain yang dibawa masuk, yakni sepeda Brompton. Atas kasus penyelundupan itu kini Ari sudah dipecat oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir. (ryh/fea)