Genjot Pertumbuhan UMKM, GrabExpress Luncurkan 5 Fitur Baru

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 10:55 WIB
Genjot Pertumbuhan UMKM, GrabExpress Luncurkan 5 Fitur Baru Ilustrasi Grab Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- GrabExpress menghadirkan teknologi khusus bagi pelaku bisnis UMKM. Kehadiran 5 fitur baru tersebut sejalan dengan komitmen GrabExpress untuk menghadirkan layanan yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Mengingat jumlah UMKM di Tanah Air sangat banyak, bahkan memiliki peran vital sebagai salah satu pilar perekonomian nasional.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM 2017, terdapat hampir 63 juta unit UMKM, atau naik 2,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari total UMKM tersebut, didominasi oleh usaha mikro sebesar 62 juta unit usaha atau mencapai 98,70 persen dari total UMKM di Indonesia.

Kelima fitur baru tersebut antara lain:
- Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengirim dan pelanggan dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran.


- Layanan Paket Hemat: Langganan paket hemat (Subscription) adalah layanan harga pengiriman hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

- GrabExpress Car: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kg) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar.

- Nalangin: Fitur terbaru ini menghadirkan pilihan sistem Cash on Delivery (COD) untuk semua pengguna di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Pedagang bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung lebih dulu oleh mitra pengemudi.

- Pemesanan via Web: Pengguna dapat memesan layanan GrabExpress Instan via portal web booking GrabExpress melalui https://express.grab.com/book/login. Keuntungannya, pemesanan bisa dalam jumlah banyak sekaligus, mengunduh laporan, hingga memberi akses ke karyawan untuk memesan pengiriman dengan akun yang sama.

Head of GrabExpress Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan 5 fitur baru GrabExpress itu diharapkan mampu mengakselerasi bisnis wirausahawan mikro agar lebih efisien, serta memastikan mereka dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital.

"Kami berharap dapat mendorong para pelaku usaha-usaha setempat mengembangkan bisnis dan jangkauan pasarnya. Hal ini sejalan dengan misi 2025 'Grab for Good' dalam hal pengembangan sumber daya manusia agar memiliki kapabilitas yang diperlukan di era Revolusi Industri 4.0, khususnya untuk para pelaku bisnis UMKM," ujar Tyas melalui keterangannya, Kamis (28/11).

"Harapan kami, para pelaku bisnis UMKM ini dapat menikmati manfaat dari hadirnya ekonomi digital, salah satunya melalui layanan GrabExpress, untuk memasarkan hasil usahanya kepada para pelanggan dengan aman, cepat dan mudah."

Pemilik toko online Handmadeshoesby Delta Hesti mengaku sangat terbantu dengan layanan GrabExpress.

"Layanan GrabExpress sangat dapat diandalkan. Fitur pelacakan langsung dan bukti pengambilan serta pengiriman menggunakan foto juga membuat saya dapat menjaga kepercayaan pelanggan. Selain itu, berbagai fitur baru yang terus dihadirkan, juga sejalan dengan kebutuhan bisnis saya yang juga berkembang," ujar Delta.

Bahkan, salah satu pemilik online shop kosmetik di Solo Winny mengaku usahanya lebih maju setelah menggunakan GrabExpress. "Banyak pelanggan yang memilih GrabExpress karena aman, cepat, dan mudah digunakan. Fitur favorit saya adalah pemantauan barang secara langsung, karena saya dan pelanggan bisa sama-sama tahu barang pesanan sudah di mana." (fef)