Mitsubishi Masih Ingin Suplai Xpander ke Garuda Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 15:15 WIB
Mitsubishi Masih Ingin Suplai Xpander ke Garuda Indonesia Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia untuk masuk ke pasar fleet (pembelian secara borongan) Xpander. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih membuka kesempatan bekerja sama dengan Garuda Indonesia terkait suplai Xpander. Sejak tahun lalu diketahui sebanyak 500 unit Xpander telah dikirim ke pihak Garuda Indonesia.

Xpander merupakan wajah baru kendaraan operasional Garuda Indonesia. Sebelumnya perusahaan pelat merah ini mengandalkan Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Menurut penjelasan MMKSI, pada Oktober 2018, sebanyak 119 unit Xpander telah beoperasi bersama Garuda Indonesia. Lantas pada Desember 2018, penyerahan tahap kedua sebanyak 282 unit sudah dilakukan.


Khusus tahap kedua, Xpander diberi seragam Garuda Indonesia kemudian digunakan sebagai kendaraan operasional para awak kabin area Jakarta dan sekitarnya.

Saat peresmian penyerahan tahap kedua di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 11 Desember 2018, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, menjelaskan total kebutuhan mobil operasional Garuda Indonesia mencapai 1.000 unit termasuk maskapai Citylink dan Sriwijaya.

Ari bilang tidak menutup kemungkinan kebutuhan itu diisi oleh Xpander.

"Dan ini kesempatan besar buat Xpander," kata Ari saat itu.

500 unit Xpander

Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning & Communication MMKSI, menjelaskan saat ditemui di Tangerang, Sabtu (7/12), perusahaannya telah selesai menyuplai 500 unit ke Garuda Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura yang berbicara di samping Intan menjelaskan masih membuka kesempatan kerja sama dengan Garuda Indonesia. Dia menyebut pihaknya masih ingin menyuplai Xpander ke Garuda Indonesia bila ada kesempatan.

"Bila kami punya kesempatan untuk menyuplai Xpander ke Garuda Indonesia tentu kami ingin melakukannya. Ya, jadi batch pertama telah selesai tapi bukan berarti kami telah selesai menyuplai produk kami ke Garuda Indonesia," kata Nakamura. (fea)