Iphone Kabarnya Bakal Hadir Tanpa Port

eks, CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 14:23 WIB
Iphone Kabarnya Bakal Hadir Tanpa Port Ilustrasi (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple kemungkinan akan menghilangkan lubang colokan lightning port pada Iphone mereka pada 2021, seperti dibocorkan oleh analis TF International Securities Ming-Chi Kuo. Ponsel dengan pengisi daya nirkabel ini akan dipasang pada seri ponsel Apple yang lebih mahal, seperti dijelaskan Kuo dalam laporannya Kamis (5/12) pekan lalu.

Saat ini, Apple sudah mengeluarkan pengisi daya nirkabel untuk Iphone 8 dan model yang lebih tinggi. Selain itu, Apple juga telah menerapkan teknologi pengisi daya nirkabel untuk perangkat Apple Watch dan AirPod.

Laporan Kuo juga memperkirakan tahun depan Apple akan mengeluarkan lima model Iphone anyar tahun depan. Ia memperkirakan tahun depan Apple akan meluncurkan ponsel 4,7 inci pada paruh pertama 2020. Sementara pada paruh kedua, produsen itu akan meluncurkan empat ponsel dengan teknologi 5G pada paruh kedua 2020.

Empat ponsel ini akan memiliki layar 5,4 inci dan 6,1 inci pada model yang lebih rendah. Sementara itu pada versi yang lebih tinggi ada ponsel dengan layar 6,1 dan 6,7 inci. Sebelumnya, JP Morgan juga memprediksi kalau Apple akan meluncurkan ponsel pada paruh kedua 2020.

Prediksi ini dibuat berdasarkan pengecekan rantai pasokan perusahaan itu. Apple tidak memberikan respon terkait prediksi ini. Jika prediksi ini benar, maka hal ini akan menjadi langkah signifikan bagi Apple.


Hingga saat ini penjualan Apple masih jadi sumber pendapatan terbesar Apple. Namun, angka penjualan ponsel ini terus turun dalam beberapa kuartal belakangan, seperti ditulis CNN.

[Gambas:Video CNN]Spekulasi soal Apple akan menghilangkan colokan pengisi daya ini memang sudah berkembang sejak lama. Pada 2017, Kuo sudah sempat memprediksi kalau colokan ini akan dihilangkan dan diganti dengan USB-C. Namun, prediksi ini meleset, seperti dilaporkan CNBC. Namun Apple menempatkan USB-C pada perangkat Ipad Pro mereka.

Meski demikian, dunia nirkabel tidak sepenuhnya menyenangkan. Pengisi daya nirkabel seringkali mengisi lebih lambat dari pengisi daya dengan kabel. Apalagi saat ini pengisi daya kabel tengah berlomba-lomba menghadirkan pengisi daya cepat. (eks)