TIPS TEKNO

Cara Aktifkan eSIM di Iphone Anyar

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 08:49 WIB
Cara Aktifkan eSIM di Iphone Anyar Ilustrasi eSIM. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak banyak yang tahu, eSIM telah digunakan oleh 14 negara termasuk Indonesia, China, dan Hong Kong. Di Indonesia, Smartfren satu-satunya operator telekomunikasi yang baru menyediakan teknologi eSIM.

eSIM merupakan teknologi kartu SIM digital yang memungkinkan pengguna mengaktifkan paket seluler dari operator telekomunikasi, tanpa harus menggunakan nano-SIM.

Di China, China Unicom saat ini jadi satu-satunya operator yang mendukung layanan eSIM. China Unicom menyediakan skema berlangganan yang lebih murah untuk kartu eSIM kedua jika berlangganan selama satu tahun.


Sebetulnya, teknologi eSIM juga dapat diterapkan untuk perangkat wearable yaitu Apple Watch Series 3. Dengan jam pintar ini, pengguna bisa menggunakan Apple Watch Series 3 kemanapun tanpa membawa ponsel.


Bukan cuma Apple yang menerapkan teknologi eSIM untuk perangkat wearable mereka. Sebelumnya, disebutkan juga kalau Samsung Gear S3 dan Samsung Gear S2 yang meluncur pada 2016 juga sudah menerapkan teknologi ini.

eSIM hanya dapat dinikmati oleh perangkat ponsel iPhone seri X dan trio iPhone 11. Berikut cara mengaktifkan eSIM pada perangkat iPhone:

1. Buka Pengaturan pada iPhone, lalu pilih Seluler dan klik Tambahkan Seluler.

2. Nantinya akan ada permintaan untuk scan QR Code dan pindai QR Code yang ada di kartu perdana eSIM Smartfren.

3. Saat proses pindai berhasil, bakal muncul keterangan 'Paket Selular dari Smartfren Siap Ditambahkan ke iPhone.'

4. Lalu klik Rencana Tambah Seluler di bagian bawah dan tunggu beberapa saat untuk proses aktivasi ke jaringan Smartfren.

5. Jika sudah aktif sinyal Smartfren bakal terlihat di pojok kiri atas layar ponsel.

6. Namun, pengguna mesti melakukan registrasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) terlebih dahulu ke 4444.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim, perangkat iPhone dapat menampung sampai 14 eSIM dengan nomor telepon yang berbeda-beda. Namun, saat ini operator telekomunikasi di Indonesia yang baru menerapkan teknologi eSIM hanya Smartfren.

Artinya, pengguna iPhone belum bisa menyematkan eSIM dari operator lainnya. Dari ke-14 nomor yang tertanam di perangkat iPhone, Djoko mengatakan hanya salah satu yang aktif.

Cara menyematkan nomor eSIM lain cukup mudah, pengguna hanya perlu memindai QR Code dan lakukan registrasi data eSIM seperti NIK dan nomor KK.

"Saat ini ada 14 negara yang menerapkan eSIM, artinya tidak perlu menggunakan kartu SIM fisik. Perangkat iPhone bisa menampung sampai 14 nomor, jika pengguna misalnya menyematkan 3 nomor Smartfren, hanya salah satu yang aktif," kata Djoko usai acara 'Maksimalkan Fungsi iPhone Terbaru-mu Dengan eSIM Smartfren' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (9/12).


Dilansir laman resmi Apple, pengguna juga dapat menghapus nomor eSIM dengan cara:

1. Buka Pengaturan.

2. Klik Seluler atau Paket Seluler.

3. Klik paket yang pengguna ingin hapus.

4. Lalu klik Hapus Paket Seluler.

(din/lav)