Cara APM Mobil dan Motor Umbar Promosi Jelang Akhir Tahun

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 17:08 WIB
Cara APM Mobil dan Motor Umbar Promosi Jelang Akhir Tahun Ilustrasi pameran otomotif. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desember merupakan kesempatan terakhir para Agen Pemegang Merek (APM) menjual kendaraan pada tahun ini dan sudah menjadi kebiasaan bila setiap bulan ini promosi bakal terasa menguat. Para APM diketahui sudah menyiapkan macam-macam promosi buat menggairahkan pembelian kendaraan jelang pergantian tahun, rupa promo beragam mulai dari diskon, tukar tambah, hingga cicilan ringan.

Promosi dirasa dibutuhkan pada akhir tahun ini mengingat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menjelaskan penjualan pada tahun ini menurun sekitar 10 persen dan tak bisa mencapai target 1,1 juta unit. Gaikindo sudah merevisi target penjualan 2019 dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit.

Berikut berbagai upaya APM buat mendongkrak penjualan:


Toyota

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi menjelaskan perusahaan mengadakan program 'Toyota Spektakuler' hingga akhir tahun. Program tersebut meliputi cicilan bunga rendah atau 3,7 persen, hingga bebas satu kali cicilan kendaraan khusus unit Agya.

Toyota juga menyediakan tukar tambah mobil bekas dengan mobil baru merek Toyota. Calon konsumen bisa membawa mobil bekas merek apapun ke dealer Toyota Trust atau dealer resmi Toyota lainnya. Khusus 250 pelanggan pertama, mobil bekas disebut bakal dinilai lebih mahal Rp3 juta.

"Tapi harus diinspeksi dulu mobilnya. Diinspeksi terus dikasih harga penawaran, kalo deal termasuk tukar tambah, itu akan ada cashback Rp3 juta," kata Anton melalui pesan singkat, Selasa (10/12).

Informasi lengkap soal promosi tukar tambah bisa dilihat langsung di situs resmi Toyota Indonesia.

Mitsubishi

Mitsubishi divisi kendaraan penumpang memberi program spesial jelang tutup tahun, salah satunya untuk pembelian Xpander. Mitsubishi menawarkan program pembiayaan bunga rendah nol persen sampai dengan tenor dua tahun atau uang muka ringan mulai 10 persen, atau gratis asuransi dua tahun untuk pembiayaan melalui perusahaan Dipo Star Finance.

Mitsubishi juga mengadakan program tukar tambah bila ada calon konsumen yang berminat membeli Xpander varian Ultimate, Sport, dan Exceed.

"Calon konsumen mobil apa saja bisa ikut, tinggal datang ke dealer resmi Mitsubishi agar mobil lamanya bisa dinilai harganya," kata Head of Public Relation & CSR Department Mitsubishi Motors Krama Sales Indonesia (MMKSI) Aditya Wardani.

Masih ada lagi program untuk Xpander, di antaranya gratis kaca film, hingga bebas biaya service empat tahun.

Terdapat juga program berbeda yang ditawarkan untuk model Mitsubishi yang lain yaitu Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV, Outlander Sport, Triton 4x4, 4x2, dan L300. Mitsubishi juga menggelar undian berhadiah satu unit Pajero Sport, tiga unit Xpander, perjalanan ke Jepang, dan 150 i-Phone XR.

Daihatsu

Marketing and CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menuturkan pihaknya sudah menggelar penawaran menarik menjelang akhir tahun berupa potongan harga untuk setiap mobil Daihatsu.

"Besaran diskon lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya. Tapi berapa lebih besar? Saya tidak bisa sebutkan, silahkan cek di dealer," kata Hendrayadi.

Hendrayadi juga menyampaikan program cicilan dan uang muka bakal dibuat lebih menarik, dia juga memastikan skema pembeli mobil secara kredit dirancang seringan mungkin.

"Cicilan lebih ringan dari biasanya. Tenor atau masa kredit bisa lebih lama dari biasanya. Karena 75 persen pembeli kami itu kredit ya," ucap Hendrayadi.

Hendrayadi menambahkan besar kemungkinan pada pekan ketiga dan keempat Desember 2019, Daihatsu bakal menawarkan promosi lebih besar ke calon konsumen.

"Ya bisa lebih besar, bisa ada perubahan lagi nanti. Lihat dinamika juga kami," ucap Hendrayadi.

Astra Honda Motor

Pemimpin pasar roda dua, Honda, juga memberikan penawaran khusus selama Desember. Penawarannya bervariasi, contohnya yang diberikan dealer Wahana Honda berupa potongan tenor empat kali untuk pembelian kredit CBR 150 R, CB150R Streefire, dan Honda Supra GTR150.

Syaratnya khusus pembayaran kredit di atas 35 kali serta berlaku di dealer resmi Jakarta dan Tangerang.

Promo lain yaitu tiga unit Genio dengan harga Rp5 juta. Program ini punya syarat dan ketentuan. Selain itu terdapat potongan harga buat yang ingin membeli motor Honda bagi pelajar, mahasiswa, pemilik motor Honda model BeAt, Vario 110, semua tipe bebek Honda, dan pemilik motor di luar brand Honda.

"Program akhir tahun Honda tergantung masing-masing main dealer," kata General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

Kawasaki

Merek identik hijau ini menawarkan motor sport 250 cc fairing dengan harga 'miring'. Khusus Desember 2019, yaitu Ninja 250 SL seharga Rp36,9 juta.

"Saat ini spesial promo Desember baru itu saja. Saat Oktober Ninja 250 SL harganya Rp39,9 juta," kata Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi. (ryh/fea)