Grup Musik dan Tagar Diprediksi Masih Hiasi Twitter pada 2020

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 10:07 WIB
Selain percakapan soal K-Pop, konten hiburan lain seperti film juga diprediksi bakal ramai diperbincangkan di Twitter pada tahun depan Selain percakapan soal K-Pop, konten hiburan lain seperti film juga diprediksi bakal ramai diperbincangkan di Twitter pada tahun depan. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Communications Lead South East Asia Twitter, Cipluk Carlita mengatakan percakapan soal salah satu genre musik yakni K-Pop atau Korean Pop diprediksi masih tinggi pada 2020.

Sebab menurut dia, konten yang berkaitan dengan K-Pop bakal tetap digandrungi. Apalagi para penggemar boy atau girl grup asal Korea Selatan itu di Indonesia cukup banyak.

"K-Pop konten evergreen [abadi]. Jadi mau sampai kapan pun, suka tidak suka, itu tetap ada [konten yang berkaitan dengan K-Pop]," tutur Cipluk kepada awak media usai acara #RameDiTwitter 2019 di Aluca International Hall, Jakarta, Selasa (10/12).


"Sebab setiap hari saya lihat ada saja .. [cuitan] yang berhubungan dengan K-Pop. Entah ada yang mengeluarkan album, ada yang comeback [penyanyi yang kembali ke dunia musik setelah vakum]. Penggemar K-Pop di Indonesia pun lumayan banyak," sambung dia.

Menurut data yang dihimpun Twitter selama tahun 2019 ini, setidaknya ada 10 akun grup K-Pop dan 10 tagar yang berhubungan K-Pop merajai Twitter Indonesia yakni,

Grup K-Pop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia:

1. BTS (BTS_twt)
2. EXO (@weareoneEXO)
3. SEVENTEEN (@pledis_17)
4. Tomorrow X Together (@TXT_members)
5. NCT 127 (@NCTsmtown_127)
6. Stray Kids (@Stray_Kids)
7. GOT7 (@GOT7official)
8. DREAM (@NCTsmtown_DREAM)
9. MONSTA X (@OfficialMonstaX)
10. BLACKPINK (@ygofficialblink)

Tagar K-Pop yang paling banyak digunakan di Indonesia:

1. #BTS
2. #EXO
3. #NCT
4. #Seventeen
5. #TeamEXO
6. #TeamBTS
7. #StrayKids
8. #Blackpink
9. #Ikon
10. #RedVelvet

[Gambas:Video CNN]

Selain percakapan soal K-Pop, konten hiburan lain seperti film juga diprediksi bakal ramai diperbincangkan karena menurut Cipluk para produser dan sutradara film lokal banyak yang berencana untuk memproduksi karya mereka di tahun 2020.

"Kalau berbicara soal film lokal, sudah banyak juga rencana dari produser-produser dan direktur film ternama, tahun depan mereka syuting atau bahkan sudah selesai memproduksi film. Jadi harapannya itu [konten K-Pop dan film] akan tetap jadi topik dan konten yang paling banyak dibicarakan," pungkas Cipluk.

Menyoal film, setidaknya ada 10 tagar dan satu tagar yang dipakai untuk membicarakan film lokal maupun luar negeri dan satu tagar diantaranya adalah nama penyanyi populer Tanah Air. Tagar-tagar tersebut antara lain,

1. #Agnezmo
2. #AvengersEndgame
3. #GameOfThrones
4. #SpidermanFarFromHome
5. #SobatAmbyar
6. #Gundala
7. #CaptainMarvel
8. #Avengers
9. #Twivortiare
10. #PerempuanTanahJahanam (din/mik)