KKN Desa Penari dan 'Cinta Luar Biasa' Trending Google 2019

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 16:45 WIB
KKN Desa Penari dan 'Cinta Luar Biasa' Trending Google 2019 Ilustrasi google. (Pixabay/FirmBee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lagu 'Cinta Luar Biasa' yang sempat viral milik Andmesh Kamaleng dan cerita fiksi 'KKN Desa Penari' menjadi segelintir dari 10 besar topik paling populer dalam penelusuran Google di Indonesia sepanjang 2019.

Selain dua topik tersebut, Tokoh Pendiri Gojek Indonesia 'Nadiem Makarim', momentum 'Pilpres 2019', dan kontroversi rencana pengesahan 'RUU KUHP' juga menjadi topik yang paling diburu di mesin pencarian Google pada tahun ini. 

Tak hanya itu, ada pula film 'Keluarga Cemara', film 'Dua Garis Biru', istilah kaum milenial 'Bucin', gaya 'Hidup Sehat', dan kuliner 'Telur Gulung' juga turut masuk dalam 10 besar topik paling tren. 


Hal itu disampaikan dalam acara bertajuk "Year in Search 2019: Melihat Kilas Balik 2019 melalui Pencarian Google" Di Jakarta, Rabu (11/12). 


Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia menyebutkan terdapat sembilan kategori dalam tren pencarian, antara lain kategori tokoh, kepergian tokoh, peristiwa nasional, lagu, apa itu, bagaimana cara, resep, dan film. 

Dia mengatakan tren penelusuran atau trending searches didefinisikan sebagai topik dengan peningkatan penelusuran paling tinggi dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini dibanding tahun sebelumnya. 

"2019 merupakan tahun di mana masyarakat Indonesia menaruh perhatian terhadap perubahan dan harapan. Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup, hingga sosok yang menginspirasi perubahan, " ujar Veronica. 

[Gambas:Video CNN]

Dengan banyaknya perubahan tahun ini, menurut dia, orang Indonesia berusaha memahami informasi yang mereka Terima dan situasi dengan lebih baik. 

"Sebut saja Pilpres 2019 yang jadi salah satu peristiwa yang trennya meningkat, karena ini menjadi pemilihan umum terbesar di Indonesia maupun di dunia. Masyarakat juga aware dengan momentum Pilpres," ungkapnya. 

Selain informasi seputar berita dan fenomena sosial, pencarian populer juga terkait gaya hidup, khususnya hidup sehat. Hal itu kembali menunjukkan masyarakat sangat mengalami perubahan, terutama ke hal positif. 

(lav/DAL)