Mobil Dinas Jokowi yang Kerap Mogok Bakal Jadi Cadangan

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 18:00 WIB
Mobil Dinas Jokowi yang Kerap Mogok Bakal Jadi Cadangan Mobil dinas Jokowi. (BAY ISMOYO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mercedes-Benz S600 Guard (V222) produksi 2019, kemungkinan bakal digunakan mulai tahun depan. Saat unit anyar itu mulai dipakai, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menjelaskan mobil dinas yang sedang dipakai saat ini bakal jadi cadangan.

"Kemungkinan untuk mobil cadangan," kata Kepala Biro Umum Kemensetneg Piping Supriatna saat dihubungi, Rabu (11/12).

Walau mengatakan demikian, Piping tak bisa menjelaskan masa depan mobil dinas cadangan saat ini. Kata dia, "Untuk kendaraan yang sudah tidak terpakai lagi, untuk tindak lanjutnya akan kita laporkan ke pimpinan terlebih dahulu."


Mobil dinas Jokowi saat ini merupakan S600 Guard produksi 2008. Mobil ini 'warisan' dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang pernah disebut Kemensetneg kondisinya sekarang 'tidak layak dipergunakan pejabat'.

Kemensetneg menjelaskan mobil dinas itu sudah sering rusak dan tidak efisien digunakan. Beberapa kali mobil dinas Jokowi pernah dilaporkan mogok. Atas pertimbangan teknis dan biaya perawatan yang tinggi, Kemensetneg menilai mobil dinas presiden perlu diremajakan.

Kemensetneg membuka lelang pengadaan mobil dinas presiden dan menteri melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang kemudian dimenangkan Mercedes-Benz Indonesia dan Astra International untuk mobil dinas menteri.

Mercedes-Benz Indonesia disepakati menyediakan dua unit S600 Guard buat digunakan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Mercedes-Benz Distribution Indonesia menjelaskan kemungkinan mobil dinas baru Jokowi bakal mendarat di Indonesia dari pabrik prinsipal di Jerman pada bulan ini. Kemensetneg memprediksi mobil baru itu bisa dipakai Jokowi pada awal tahun depan. (fea)