Sebelum Datsun Pensiun, Dealer Tawarkan Diskon Rp40 Juta

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 16:35 WIB
Sebelum Datsun Pensiun, Dealer Tawarkan Diskon Rp40 Juta Datsun Cross ditawarkan dengan diskon Rp40 juta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dealer Datsun diperkirakan sedang berupaya menghabiskan stok unit yang tersisa melalui skema diskon pada akhir tahun. Upaya ini kemungkinan berkaitan dengan keputusan Nissan menghentikan seluruh produksi mobil Datsun di Indonesia pada Januari 2020.

Salah satu dealer di Jakarta yang dihubungi CNNIndonesia.com menjelaskan potongan harga buat Cross mencapai Rp40 juta. Cross merupakan produk SUV yang dirancang dari platform MPV Datsun GO+ dengan konfigurasi jok untuk tujuh penumpang.

"Untuk Cross itu diskonnya Rp35 juta-Rp40 juta," kata salah seorang tenaga penjual dealer Nissan-Datsun di Jakarta Selatan.


Selain Cross, dealer itu juga memberi tahu terdapat diskon buat dua produk Datsun lainnya yaitu Go dan Go+. Diskon buat kedua model tersebut lebih kecil dari Cross, hanya Rp10 juta.

Pihak dealer Datsun lain di Jakarta juga terpantau memberi potongan harga Cross hingga puluhan juta.  Tenaga penjual dealer Nissan-Datsun yang lain itu menyampaikan pihaknya memberi penawaran diskon Rp30 juta, namun bisa lebih tinggi tergantung kesepakatan akhir.

"Diskon yang kami tawarkan ini untuk awal Rp30 juta," ucap dia.

Tenaga penjual itu menambahkan Cross yang ditawarkan kepada konsumen merupakan stok produksi 2018. Dia mengungkap dealernya tak memiliki stok mobil Datsun produksi 2019, selain Go dan Go+.

"Untuk Cross kami hanya punya 2018, tapi Go dan Go+ masih banyak unit 2019," katanya.

Seperti diketahui, per Januari 2020 Nissan Motor Indonesia (NMI) memutuskan tidak lagi memproduksi mobil merek Datsun di Indonesia. Pabrik Datsun bakal dialihfungsikan untuk kebutuhan produksi mesin Livina dan Mitsubishi Xpander, serta mobil listrik.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Datsun Cross sudah tak terdistribusi ke dealer pada September dan Oktober. Distribusi terakhir dilakukan pada Agustus 2019 berjumlah 223 unit.

Terkait diskon besar yang ditawarkan dealer, NMI, memilih tidak berkomentar saat dihubungi CNNIndonesia.com. Saat ditanya terkait sisa stok Cross pun pihak NMI enggan merespons. (ryh/fea)