GrabHealth Gratiskan Layanan Konsultasi dengan Dokter

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 11:52 WIB
GrabHealth Gratiskan Layanan Konsultasi dengan Dokter Grab menggandeng Good Doctor meluncurkan fitur GrabHealth untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, Jakarta, Selasa (10/12). (Foto: CNN Indonesia/ Felicia Facette)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat peluncurannya beberapa waktu lalu, GrabHealth powered by Good Doctor bakal memberikan layanan konsultasi kesehatan tanpa dipungut biaya alias gratis. Hal tersebut sejalan dengan misi Grab for Good yang ingin terus memberikan kebaikan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya yakni memastikan akses dan layanan kesehatan bisa menjangkau semua orang.

Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia dr. Adhiatma Gunawan mengatakan kebijakan tersebut sudah sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan bahwa harus memberikan layanan kesehatan secara gratis. Tentu supaya bisa maksimal memberikan dampak baik bagi masyarakat.

"Aspek layanan konten dikurasi oleh tim mitra dokter sehingga tepercaya dan bisa dinikmati dengan gratis. Kemudian konsultasi dengan dokter juga gratis dan dapat diakses setiap saat 24 jam setiap hari. Melakukan janji temu dengan dokter secara offline di layanan kesehatan juga gratis. Jadi silakan menikmati, kami berharap semoga yang kita lakukan bisa memberikan dampak yang baik kepada bangsa Indonesia," ujar Adhiatma di Jakarta, Selasa (10/12).


Kendati demikian, meski layanan kesehatan dari Grab ini tidak dikenakan biaya bukan lantas mengurangi kualitas maupun menurunkan standar pelayanannya. GrabHealth menjamin akan memberikan pelayanan terbaik dan aman bagi pengguna.

"Di GrabHealth tidak hanya persoalan pemerataan [jumlah] tenaga medis saja, melainkan memperhatikan quality and patient safety pun harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, kami menyarankan dokter yang bergabung di platform harus betul-betul dokter atau bukan dokter palsu. Jika itu terjadi, kualitas informasi yang diberikan tidak bagus dan berisiko pada keselamatan pasien."

Dokter Terjamin Kredibilitasnya 
Selain itu, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M. Faqih menegaskan bahwa untuk menjamin keamanan dan kualitas layanan kesehatan dalam platform tersebut, seluruh dokter yang ada di dalam aplikasi terdaftar IDI.

"Kami menjamin bahwa seluruh tenaga medis yang bergabung di platform GrabHealth benar-benar dokter kredibel dan terverifikasi IDI. Tolok ukur kredibilitas dokter diukur dari kepemilikan surat tanda registrasi (STR) sehingga kompetensinya sudah diakui negara dan sudah memiliki surat izin praktik (SIP) yang berbasis di tempat praktiknya. Jika keduanya dijaga, maka kualitas dan keselamatan pasien akan terjaga dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Daeng.

Adapun berbagai keluhan atau pertanyaan seputar penyakit tertentu bisa dikonsultasikan melalui layanan tanya jawab dengan dokter dalam aplikasi Grab. Dengan dokter yang terlegalisasi, kualitas informasi kesehatan dan berkaitan dengan pengobatan akan terjaga.

"Sebenarnya semua penyakit bisa ditanyakan. Kadang masyarakat yang belum mengerti sakitnya apa, obatnya apa. Nah, di GrabHealth dokter bertugas menjelaskan dan memberi tahu atau mengedukasi pasien perihal self-care, bagaimana melakukan pertolongan pertama, serta memberi tahu adanya gejala emergency atau tidak."

"Namun berdasarkan rekomendasi WHO, dalam aplikasi hanya diperkenankan konsultasi online dan penyampaian data. Tidak ada melakukan terapi atau tidak diperkenankan memberikan diagnosis pasti. Selain itu ada obat tertentu yang bisa dijangkau tanpa resep dokter atau obat bebas. Sehingga dokter akan merekomendasikan obat yang statusnya obat bebas. Jika obatnya harus diresepkan, pasien harus datang [ke tempat praktik atau rumah sakit] untuk menjalani serangkaian pemeriksaan dan analisis," pungkas Daeng.

Diketahui, Saat ini layanan GrabHealth powered by Good Doctor baru tersedia bagi semua pengguna Grab di area Jabodetabek. Namun, layanan ini juga akan diluncurkan secara luas ke daerah-daerah lainnya di Indonesia dalam waktu dekat. Pun mengenai jumlah mitra dokter dan mitra apotek akan terus bertambah.

Tidak hanya mengandalkan layanan konsultasi, GrabHealth memastikan pengguna dapat membeli obat atau produk kesehatan berkualitas yang disediakan di lebih dari 300 mitra apotek berlisensi dengan harga transparan. (fef)