Instagram Beri Peringatan Jika Pengguna Buat Status Bully

CNN Indonesia | Jumat, 20/12/2019 07:38 WIB
Instagram Beri Peringatan Jika Pengguna Buat Status Bully Ilustrasi (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Platform media sosial Instagram menghadirkan fitur terbaru untuk melawan praktik bullying (perundungan). Mulai 16 Desember 2019, media sosial milik Facebook itu mulai meluncurkan fitur yang akan mengawasi keterangan foto atau video yang dianggap menyerang (ofensif).

Dikutip dari situs resmi, Instagram akan memberikan notifikasi ke pengguna apabila ada caption yang dianggap ofensif. Fitur ini dibekali dengan kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengenali berbagai bentuk bullying di Instagram.



Ketika seseorang menuliskan caption untuk sebuah posting, AI Instagram secara otomatis akan mendeteksi captiong yang bersifat menyerang.


Pengguna kemudian akan mendapatkan sebuah notifikasi bahwa caption yang digunakan mirip dengan berbagai bullying yang telah dilaporkan ke Instagram. Pengguna bakal memiliki kesempatan untuk mengedit status sebelum mengunggah foto atau video.

Selain membatasi bullying, peringatan ini membantu mengedukasi pengguna tentang apa yang tidak diperbolehkan di platform Instagram. Pengguna juga akan mengetahui ketika akun pengguna berisiko melanggar aturan Instagram.

[Gambas:Video CNN]


Instagram mengatakan fitur ini baru akan diluncurkan di negara-negara tertentu. Fitur akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Awal tahun ini, Instagram meluncurkan fitur yang memberi tahu pengguna ketika komentar mereka dianggap ofensif sebelum diposting.

Instagram mengatakan hasil fitur ini sangat menjanjikan dan dapat mendorong pengguna untuk mempertimbangkan kembali hal-hal yang mereka publikasikan di Instagram. (jnp/eks)