Jadi Bos Induk Google, Gaji Sundar Pichai Rp28 M

eks, CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 14:23 WIB
Sundah Pichai ditunjuk jadi bos induk perusahaan Google, Alphabet, dan ia digaji Rp28 M. Sundar Pichai, CEO Google dan Alphabet (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sundar Pichai baru saja didapuk jadi bos perusahaan induk Google, Alphabet. Punya jabatan lebih tinggi, pria ini mendapat kenaikan gaji besar-besaran hingga menyentuh angka Rp28 miliar (US$2 juta; kurs Rp14 ribu).

Padahal sebelumnya, gaji pria keturunan India ini pun sudah terbilang fantastis ketika menjabat sebagai bos Google, Rp9,1 miliar.

Namun itu belum seberapa, sebab Pichai juga akan mendapat tambahan unit saham senilai US$45 juta dan tambahan US$120 juta pada unit saham terbatas, menurut dokumen Komisi Sekuritas dan Bursa.

Ada juga tambahan US$30 juta sebagai saham penghargaan tansisional yang akan diberikan pada 2020. Dikabarkan ia pun akan mendapat tambahan US$90 juta jika berhasil mencapai sejumlah target perusahaan.


Sebagai perbandingan, gaji CEO Apple Tim Cook masih lebih besar dari Pichai, US$3 juta. Selain itu Cook juga mendapat tambahan kompensasi bernilai US$15,7 juta pada 2018.

Gaji CEO Microsoft Satya Nadeela juga sedikit di atas Pichai, US$2,3 juta. Selain itu ia mendapat kompensasi US$42,9 juta pada 2019.

[Gambas:Video CNN]

Kenaikan gaji ini akan berlaku efektif pada 1 Januari 2020. Hadiah saham akan diberikan pada 19 Desember hingga 2022. Terakhir, Pichai mendapat bagian saham terbatas ini pada 2016, seperti dilaporkan CNN.

Pichai sudah menjadi CEO Google sejak 2015. Ia kini menjadi CEO dari perusahaan induk Google, Alphabet awal bulan ini. Ia menggantikan Larry Page yang tak lagi jadi pimpinan grup perusahaan itu. Kini Pichai mengepalai Alphabet dan Google.
(eks)