Cara Tambahkan Titik Lokasi Tak Terdeteksi di Aplikasi Grab

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 26/12/2019 12:08 WIB
Cara Tambahkan Titik Lokasi Tak Terdeteksi di Aplikasi Grab Ilustrasi Grab Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan transportasi berbasis ride-hailing saat ini menjadi primadona bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Alasannya, jasa antar berbasis platform online itu sangat praktis dan memudahkan. Terlebih, jenis kendaraan, tujuan, dan pembayarannya pun bisa dilakukan sekaligus dalam satu aplikasi.

Namun ada kalanya pemesanan terkendala detail titik tujuan yang tak terbaca oleh aplikasi. Pengguna menjadi bingung menentukan titik tujuan dan pengemudi berisiko kesulitan menjemput. Inilah yang membuat proses pesan kendaraan menjadi lama dan menyebalkan.

Biasanya, penyedia layanan peta (maps) meletakkan tanda tepat di tengah-tengah lokasi atau bangunan. Hal ini berguna untuk navigasi dari lokasi A ke lokasi B, tapi bisa membuat pusing mitra pengemudi saat ingin menjemput maupun menurunkan penumpang.


Bandara, pusat perbelanjaan, stasiun kereta dan tempat-tempat wisata merupakan contoh lokasi yang rumit. Dengan padatnya arus lalu lintas dan banyaknya pintu masuk, tempat-tempat ini bagai medan petak umpet bagi para penumpang dan mitra pengemudi.

Untuk mengatasinya, Grab menambahkan fitur untuk menambahkan lokasi sendiri dalam aplikasi. Sudah tidak zaman lagi menambahkan 'Catatan' atau menelepon mitra pengemudi untuk memberitahu titik penjemputan atau tujuan secara spesifik. Hal ini bisa dilakukan jika lokasi tujuan tidak terdeteksi di aplikasi Grab.

Ini cara mudah menambahkan tempat tujuan Anda di aplikasi Grab:

1. Buka aplikasi Grab lalu telusuri aplikasi dan temukan kolom "Fitur-fitur perjalanan Grab".

2. Klik kolom "Fitur-fitur perjalanan Grab". Dalam fitur ini terdapat sejumlah subfitur, salah satunya fitur "Penambahan Lokasi".

3. Klik link yang bertuliskan "di sini", nantinya pengguna akan diarahkan untuk mengisi formulir pendek seperti alamat email dan nama.

4. Kemudian Anda juga diminta untuk mencentang salah satu opsi yang tersedia seperti menambah titik lokasi baru, memperbarui nama titik lokasi, atau hapus titik lokasi.

5. Setelah memilih menambah titik lokasi, selanjutnya kamu tinggal melengkapi nama titik antar atau jemput (blok atau nomor rumah, nama kompleks, dan/atau nama jalan).

6. Terakhir, pengguna tinggal memasukkan lokasi pada peta dan melampirkan foto atau screenshot titik lokasi pada peta, kemudian klik 'kirim'.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, titik lokasi yang Anda tuju akan terdaftar dan terdeteksi semudah itu oleh aplikasi Grab. (fef)