Netizen Gaungkan Tagar #Selamat Natal dan #Merrry Christmas

CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 14:22 WIB
Tagar #Selamat Natal dan #Merrry Christmas menjadi trending topic netizen di Twitter dalam momen Natal. Ilustrasi misa Natal. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tagar #Selamat Natal dan #Merrry Christmas menjadi trending topic di jagat Twitter dalam momen Natal 2019 kali ini. Hingga Rabu (25/12) siang, ucapan netizen yang berkicau soal ucapan #Selamat Natal mencapai 39 ribu kicauan.

Sementara ucapan #Selamat Natal mencapai 5.577 kicauan.


Berbagai nada ucapan, mulai dari yang jenaka, hingga yang berbau sentimen agama masih menghiasi jagat twitter.


Salah satu akun twitter dengan nama @radityapratomo berkicau, jika ucapan Natal haram. Ia menyarankan, ucapan disertai ucapan berbau Islam, "barakallah" untuk Yesus. Kicauan itu juga disertai sebuah gambar.



Akun yang lain, @DJonginkim88 berkicau, ucapan Natal tak membuat seseorang lekas murtad. Katanya, untuk seseorang menjadi murtad, atau masuk Kristiani, ia lebih dulu harus dibaptis. Kicauan itu membalas twit salah satu akun lain, yang bilang ucapan selamat Natal diharamkan karena sama seperti umat Kristiani yang dilarang mengucapkan kalimat syahadat.



Akun @aiepathy berkicau dengan nada jenaka untuk soal pernikahan. Katanya, dalam sebuah gambar meme yang ia sertakan, "Marry Chrismas, sayang," dan dibalas, "marry me, mas?"



Akun lain, @yogyakartaCity mengunggah sebuah perayaan Natal di sebuah gereja di Kotabaru, Yogyakarta. Dalam video tersebut, umat Kristiani tengah bersalam-salaman dengan umat muslim.



Masyarakat di berbagai daerah kini tengah merayakan momentum Natal. Agar pelaksanaan ibadah umat Kristiani ini berjalan aman dan khidmat, sejumlah pemerintah daerah memberi pengamanan ekstra. Di Jawa Tengah misalnya, kepolisian mengirim sejumlah sniper untuk mengamankan malam perayaan misa natal.

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, tak sedikit pula daerah yang melarang umat Kristiani untuk merayakannya. (thr/ayp)