Akun GoPay Maia Estianty Diretas, Gojek Bantu Lapor Polisi

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 21:04 WIB
Akun GoPay Maia Estianty Diretas, Gojek Bantu Lapor Polisi Maia Estianty mengaku diretas saat memesan GoFood. (Detikcom/Rahmi Anjani/Wolipop)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selebritas Maia Estianty menjadi kesekian publik figur yang mengaku diretas dan kehilangan uang digital saat memesan layanan ojek online menggunakan aplikasi GoFood.

Sebelumnya, kejadian serupa menimpa penyanyi Aura Kasih yang mengaku kehilangan saldo GoPay hingga Rp11 juta.

Lewat akun media sosial instagram, Maia bercerita ia hendak memesan layanan pesan makanan yang dimiliki perusahaan GoJek itu, Kamis (26/12) kemarin. Namun si driver mengklaim kendaraannya mogok dan mengusulkan untuk mengganti pengemudi.


Oknum driver tersebut kemudian meminta kode one time password (OTP) yang masuk melalui pesan ke ponsel mantan istri pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani tersebut.

Merasa ada yang janggal, Maia tak mau memberikan OTP pada mitra pengemudi tersebut.

"Rupanya dia dapat data SMS yang saya terima. Gue sih enggak kasih kodenya, tetapi isi GoPay gue terkuras," curhat Maia lewat akun @maiaestiantyreal, Jumat (27/12).


Tak hanya uang digitalnya yang dikuras, Maia juga mengaku pelaku berhasil meretas akun Tokopedia dan menghapus aplikasi pesan WhatsApp di ponselnya.

Ia kemudian mengambil langkah untuk menghubungi pusat layanan Telkomsel untuk meminta kode agar menonaktifkan upaya pemindahan data yang diduga dilakukan oknum pengemudi tersebut.

"Walaupun hampir saja dia masuk akun Tokopedia gue, dan membeli ponsel menggunakan kartu kredit gue," tambah Maia.

Akun GoPay Maia Estianty Diretas, Gojek Bantu Lapor PolisiCerita Maia Estianty soal pembobolan akun Gopay miliknya (Screenshot via instagram (@maiaestiantyreal)

Maia lalu memblokir kartu kreditnya. Ia pun berharap agar Gojek, Tokopedia, dan aplikiasi-aplikasi digital lain bisa mengantisipasi peretasan seperti yang ia alami.

"Aplikasi-aplikasi ini canggih, tapi ternyata maling-maling ini jauh lebih canggih," pungkas Maia.

Menaggapi hal tersebut, Alvita Chen, Senior Manager Corporate Affairs Gojek menegaskan mengecam kasus penipuan berbasis social engineering yang menimpa Maia Estianty dan mitra Gojek, Yusdi Alamsyah.

"Kami tengah menghubungi Ibu Maia mengenai kasus tersebut dan kami siap membantu agar penipu dapat diusut dan ditindak oleh pihak kepolisian," kata Alvita kepada wartawan, Jumat (27/12).

[Gambas:Video CNN]

Atas peristiwa yang menimpa Maia, pihaknya mengingatkan pengguna dan mitra Gojek untuk selalu mengecek kembali jika dihubungi oleh pihak yang mengaku dari Gojek ataupun mitra Gojek.

Baik perusahaan, mitra Gojek maupun GoFood diklaim tidak pernah meminta kode apapun lewat cara apapun. Jika ada keraguan, pengguna juga diminta menghubungi customer service yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu di 021-50849000 atau melalui email ke customerservice@go-jek.com.

(dal/DAL)