Pemerintah Ganti Gratis Ijazah atau Akta Rusak Karena Banjir

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 13:42 WIB
Pemerintah Ganti Gratis Ijazah atau Akta Rusak Karena Banjir Ilustrasi sertifikat tanah. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arsip Nasional RI (ANRI) menawarkan layanan restorasi atau perawatan segala bentuk dokumen pribadi atau keluarga yang terdampak bencana banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Berdasarkan rilis yang diunggah di laman resminya, ANRI juga akan melindungi dan menyelamatkan arsip pascabencana yang terjadi di seluruh Indonesia secara gratis.

Adapun arsip keluarga yang bisa diperbaiki tersebut adalah akte perkawinan, akte kelahiran, kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), sertifikat tanah, ijazah dan dokumen lainnya.


Sementara itu, syarat utama untuk mengembalikan dokumen yang rusak menjadi seperti semula itu harus merupakan arsip yang asli, tidak dalam bentuk fotocopy atau laminating.


Selain itu, untuk memperoleh layanan tersebut, arsip keluarga bisa dibawa langsung oleh pemiliknya ke kantor pusat ANRI di Jalan Ampera Raya nomor 7, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Tiap keluarga maksimal 10 lembar dan bisa ditunggu," bunyi syarat dari ANRI.

Lewat akun resmi twitter @ArsipNasionalRI, bagi warga yang ingin melakukan restorasi arsip keluarga bisa juga mendatangi kantor Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jakarta, Jawa Barat, Bogor, dan daerah lainnya.



Program restorasi dokumen atau arsip rusak karena bencana ini berawal dari tahun 2004 ketika terjadi bencana Tsunami yang menimpa Aceh dan Nias.

Bencana Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam merupakan bencana besar, yang tidak hanya menghilangkan nyawa dan material, tetapi sebagian besar arsip ikut hanyut dan hilang. Hal ini juga di alami negara-negara sekitar Indonesia seperti Sri Lanka, Thailand, dan India. 

[Gambas:Video CNN]

Berangkat dari fakta itu, ANRI membuat program menyelamatkan sertifikat kepemilikan atas tanah-tanah para korban bencana tsunami ini. Dengan menggunakan tehnologi Vacuum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang, ANRI dapat menyelamatkan arsip-arsip yang terkena bencana ini.

Selain itu, pada tahun 2013, ANRI juga mulai memberikan layanan perbaikan akibat bencana banjir kepada masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tanggerang secara gratis.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan perawatan arsip pascabencana dapat menghubungi nomor telp. (021) 7805851 ext. 406
.

(dal/DAL)