Peta Banjir Jakarta 2020

eks, CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 15:04 WIB
Peta Banjir Jakarta 2020 BNPB dan Peta Bencana mengeluarkan peta daerah yang terdampak banjir Jakarta 2020 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peta sebaran banjir yang rendam wilayah Jakarta, Rabu (1/1). Menurut data BNPB, banjir dengan ketinggian bervariasi dari 30 cm hingga 200 cm.

"Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat 7 kecamatan di Jakarta Selatan dan 10 kecamatan di Kota Bekasi yang terendam banjir. Sebaran titik terdapat di sejumlah wilayah baik di DKI Jakarta, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi," demikian tertulis pada situs BNPB, Rabu (1/1).

BNPB lantas memberikan peta sebaran banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Data terakhir yang dikumpulkan pada peta ini per 1 Januari 2020 pukul 14.00 WIB.

Peta Banjir Jakarta 2020Peta titik rendaman banjir Jakarta versi BNPB (Dok. BNPB)

Selain peta dari BNPB, pengguna juga bisa mengakses situs Peta Bencana. Situs ini mengumpulkan data banjir yang dilaporkan oleh warganet.


Peta Banjir Jakarta 2020Peta banjir Jakarta 2020 versi situs Peta Bencana (Dok. petabencana.id)


Selain dari warganet, situs ini juga bekerjasama dengan BPBD Jakarta, BNPB, Qlue, Pasangmata.com, Zurich alert, Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team dengan dukungan dari USAID dan UrbanRiskLab.

Agar laporan warganet bisa ditampilkan ke dalam peta, netizen mesti mencolek akun @petabencana dalam cuitannya.



Selain lewat Twitter, Platform ini memanfaatkan laporan yang diterima lewat aplikasi Telegram menggunakan tekas "/banjir" ke akun @BencanaBot.

Platform interaktif ini merupakan peta online yang menampilkan daerah terdampak banjir. Ikon air digunakan untuk menandai daerah yang terkena banjir. Sementara Ketinggian air ditandai dengan warna kuning, cokelat, dan merah.

[Gambas:Video CNN]

Warna kuning untuk menandai kedalaman air antara 10-70 cm. Coketlat untuk ketinggian air 70-150 cm, dan merah untuk kedalaman di atas 150 cm.

Selain itu, anda juga bisa melilhat informasi ketinggian air di daerah tertentu lengkap dengan foto dengan mengklik simbol air.

Peta ini juga memberikan informasi ketinggian air di sejumlah pintu air. Ikon pintu air berwarna merah mendakan permukaan air dalam kondisi Siaga 1, warna jingga sebagai Siaga 2, warna kuning menandakan permukaan air dalam kondisi Siaga 3, dan warna hijau dalam kondisi Siaga 4. (eks)


ARTIKEL TERKAIT