Donasi Konsumen Gojek Tembus Rp150 Juta untuk Korban Banjir

Gojek, CNN Indonesia | Sabtu, 04/01/2020 18:24 WIB
Konsumen Gojek berhasil mengumpulkan donasi Rp150 juta untuk korban banjir melalui aplikasi Gojek dengan menggandeng Kitabisa dan Baznas. Konsumen Gojek berhasil mengumpulkan donasi Rp150 juta untuk korban banjir melalui aplikasi Gojek dengan menggandeng Kitabisa dan Baznas.(Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumen Gojek berhasil mengumpulkan donasi Rp150 juta untuk korban banjir melalui aplikasi Gojek dengan menggandeng Kitabisa dan Baznas.

Jumlah Rp150 juta itu merupakan hasil hari kedua sejak Gojek membuka donasi pada Jumat (3/1).

"Besarnya bantuan yang terkumpul dalam dua hari terakhir menjadi bukti tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Gojek, Baznas dan Kitabisa," jelas Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek di Jakarta, Sabtu (4/1).


Rencananya, program pengumpulan dana ini ditargetkan mencapai Rp1 miliar selama satu bulan program berlangsung. Dana akan disalurkan Baznas untuk membantu rehabilitasi korban banjir, termasuk di dalamnya mitra Gojek.

"Bencana banjir ini datang begitu cepat, sehingga setiap inisiatif yang kita lakukan dapat meringankan beban para korban," ujar Kevin.


Sebelumnya kampanye serupa sudah pernah dijalankan Gojek bersama Kitabisa dan Baznas, menghasilkan bantuan sebesar Rp 1,5 miliar untuk bencana tsunami Banten dan Rp 1 miliar untuk bencana gempa Palu-Donggala.

Partisipasi Warga

Masyarakat dapat berdonasi dengan cara membuka aplikasi Gojek dan memilih shuffle card berjudul 'GoGive Aksi Peduli Banjir' yang terdapat di halaman utama aplikasi Gojek, atau melalui tautan https://bit.ly/gojekbantuanbanjir.

"Kami mengundang sebanyak-banyaknya masyarakat untuk berpartisipasi dengan cara berdonasi melalui aplikasi Gojek. Bantuan sebesar apapun sangat berarti untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya," tambah Kevin.

Sejak hari pertama bencana banjir melanda Jakarta dan sekitarnya, Gojek langsung mengambil aksi cepat tanggap bencana.

Kevin menegaskan tim Gojek telah mengevakuasi ratusan jiwa yang terdiri dari mitra dan karyawan Gojek beserta keluarga. Sebanyak lebih dari 2.000 paket bantuan logistik juga telah didistribusikan pada mitra Gojek yang terkena banjir.

"Inisiatif cepat tanggap ini dilakukan bekerjasama dengan mitra driver kami yang dengan sigap membantu para korban bencana banjir. Bersama tim Gojek, para mitra driver melakukan distribusi bantuan logistik baik kepada sesama mitra maupun kepada masyarakat yang menjadi korban banjir," kata Kevin. (asa)