BPBD DKI Beri Akses CCTV, Cek Banjir Jakarta

eks, CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 07:37 WIB
BPBD DKI Beri Akses CCTV, Cek Banjir Jakarta Ilustrasi. BNPB DKI bagikan tautan untuk cek titik banjir Jakarta lewat CCTV (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberi akses tautan (link) CCTV untuk mengecek sejumlah titik banjir yang dilewati aliran sungai.

Lewat tautan ini, pengguna bisa mengecek langsung via CCTV di sejumlah wilayah yang kerap diterpa banjir. Sejumlah kawasan Jakarta yang bisa dipantau diantaranya Manggarai, Bukit Duri, Cililitan, Cawang, dan Srengseng Sawah.

"CCTV ini didasarkan pada wilayah yang dilalui aliran air kiriman dari hulu," demikian ditulis dalam cuitan akun BPBD DKI Jakarta, Minggu (5/1).




Berikut tautan lengkap CCTV yang bisa diakses di sejumlah wilayah di Jakarta.

- Srengseng Sawah
- Rawajati 
- Pengadegan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu
- Manggarai
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Cililitan

Hari ini,  hujan diiringi kilatan petir mengguyur wilayah DKI Jakarta pada Senin (5/1) dini hari. Di wilayah Ragunan, Jakarta Selatan, hujan tersebut mulai mengguyur dengan intensitas sedang-lebat sekitar pukul 4.30 WIB.

Sebelumnya, BMKG lewat peringatan dini menyatakan hujan dengan kondisi serupa terjadi pula di kawasan Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, Depok, Tangerang, dan Tangerang Selatan sejak dini hari.

Sementara itu, di wilayah DKI Jakarta, hujan dengan kondisi tersebut terjadi merata dari mulai Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.07:00 WIB," demikian keterangan BMKG yang diterima CNNIndonesia.com pada dini hari ini.

[Gambas:Video CNN]


Lewat akun Twitter resminya, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor untuk mengantisipasi dengan menyiagakan petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) dan Satgas Banjir di Kecamatan untuk segera menindaklanjuti apabila terjadi genangan.

Sebelumnya, curah hujan tinggi pada malam pergantian tahun hingga awal 2020 membuat banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sementara itu per pukul 03.00, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa Bogor dan pintu air Depok ada di posisi Siaga 4 (normal). (eks)