Bakti Migrasikan layanan Internet Fiber Optik di Papua Barat

CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 05:40 WIB
Bakti Migrasikan layanan Internet Fiber Optik di Papua Barat Ilustrasi fiber optik. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) melakukan proses migrasi Layanan Program Akses Internet dari jaringan VSAT ke Fiber Optik di Provinsi Papua Barat.

Namun, migrasi belum dapat dilakukan di seluruh wilayah. Area yang tak memperoleh layanan melalui fiber optik salah satunya Pegunungan Arfak.

"Kecuali di Pegunungan Arfak, penarikan kabel baru sampai di Distrik Menyambauw. Masih butuh beberapa kilometer lagi untuk sampai di ibu kota kabupaten," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Barat Frans Instia seperti dikutip dari Antara, Senin (6/1).


Frans menjelaskan kabel optik sudah ditarik ke ibu kota kabupaten di Papua Barat. Nantinya, seluruh daerah di provinsi ini dapat menikmati jaringan internet berkecepatan tinggi dalam waktu dekat.


"Kita berharap proses migrasi ini berlangsung cepat dan tidak terjadi gangguan jaringan yang berarti," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Frans, secara operasional jaringan fiber optik di daerah ini bisa digunakan. Sebagaimana daerah lain, masyarakat bisa menikmati internet melalui telepon genggam.

Selain membuka akses bagi masyarakat terhadap segala bentuk informasi. Perkembangan teknologi diharapkan dapat memacu kinerja pemerintah daerah.


"Sudah ada kebijakan dari pemerintah pusat tentang e-government. Palapa Ring Timur diharapkan bisa mendorong perbaikan pada tata kelola keuangan daerah melalui penerapan e-planning, e-budgeting dan sebagainya," katanya.

Ia juga berharap kehadiran palapa ring ini bisa memacu perkembangan pada sektor pariwisata serta usaha lainya.

"Tentu kami pun berharap masyarakat bijak dalam memanfaatkan internet. Berbagai informasi bisa cari di internet, gunakan untuk pengembangan diri," ujarnya. (Antara/lav)