Nasib Situs Alternatif IndoXXI Usai Diblokir Kominfo

CNN Indonesia | Kamis, 09/01/2020 19:00 WIB
Nasib Situs Alternatif IndoXXI Usai Diblokir Kominfo Situs pengganti IndoXXI. (IndoXXI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) beberapa waktu lalu telah memblokir salah satu situs film streaming ilegal IndoXXI. Namun, beredar situs alternatif serupa yang mengatasnamakan IndoXXI. Selain itu, ada pula situs streaming film yang menutup layanannya.

CNNIndonesia.com sore ini mendapati situs premierexxi.net yang menyebut bahwa mereka adalah pengganti IndoXXI.

"Alamat INDOXXI menjadi PREMIEREXXI.NET. Nonton Movie online Streaming Film Bioskop Keren terbaik terlengkap di Cinema INDO XX1 LayarKaca 21. Download Film Terlengkap Ganool Movies terbaru, dengan server tercepat di dunia. Gratis," tulis pengelola situs.


Di sisi lain, IndoXXI melalui alamat situs https://103.194.171.75/ menegaskan bahwa pihaknya tak berafiliasi dengan situs yang mengatasnamakan IndoXXI.


Jika masyarakat menemukan situs serupa, IndoXXI malah meminta mereka untuk melapor ke Kemenkominfo melalui trustpositif.kominfo.go.id.

"Dikarenakan semakin banyak situs streaming yang emngaku bahwa IndoXXI pindah ke situs lain, maka kami tegaskan sekai lagi bahwa IndoXXI tidak berafiliasi dengan situs apapun," tulis pihak IndoXXI.

"Jika ada situs yang mengaku bahwa itu IndoXXI, tolong bantu kami lapor melalui https://trustpositif.kominfo.go.id/ agar bisa ditutup dan tidak merugikan banyak pihak. Sekali lagi, kami minta maaf atas banyak pihak yang telah dirugikan oleh kami," sambung mereka.

IndoXXI. (Foto: IndoXXI)

Tak hanya IndoXXI yang 'pamit', situs LayarIndo21 ikut hengkang dari bisnis film streaming ilegal per tanggal 5 Januari 2020.

"Dengan berat hati kita harus mengucapkan ini, per tanggal 5 Januari 2020 kita akan menghentikan website ini untuk mendukung industri kreatif tanah air, semoga kedepannya menjadi lebih baik. Salam, LAYARINDO21," ucap pengelola situs.

Menkominfo Sebut Akan Tindak Tegas Pembuat Situs Film Bajakan

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan jika masih ada yang membuat situs film bajakan, pihaknya bakal mengambil tindakan hukum.

"Kalau masih nakal-nakal [buat situs film bajakan], tentu rule of law [tindakan hukum] harus ditegakkan. Saat ini baru tahap persuasif, kami sedang mendidik agar menjadi dewasa menggunakan infrastruktur digital," kata dia kepada awak media saat acara Open House Natal di kediamannya beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut kata Johnny, mengatakan langkah hukum tersebut tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Langkah hukum tersebut katanya, mesti dilakukan melalui koordinasi dengan sejumlah lembaga lain yang berwenang.

Kemenkominfo pun belum mau buka-bukaan siapa aktor dibalik situs IndoXXI yang diblokir beberapa waktu lalu.

(din/DAL)