Kenalan dengan 3 Mobil Tempur Militer Iran

CNN Indonesia | Minggu, 12/01/2020 12:24 WIB
Kenalan dengan 3 Mobil Tempur Militer Iran Ilustrasi mobil tempur militer Iran. (Foto: AFP/Chavosh Homavandi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Iran bukan hanya punya industri otomotif dalam negeri, namun juga memiliki industri persenjataan yang di antaranya menghasilkan kendaraan militer. Aset ini merupakan bagian dari kekuatan negara yang sekarang sedang bergesekan kuat dengan Amerika Serikat (AS).

Iran tidak main-main untuk urusan perang. Negara yang berbatasan dengan Irak ini bukan hanya menguasai persenjataan dan alat tempur udara melainkan juga kendaraan taktis yang dapat digunakan bergeriliya memukul mundur musuh.


Setidaknya ada tiga kendaraan militer buatan Iran yang dikenal, yaitu:


Kenalan dengan 3 Mobil Tempur Militer IranKendaraan perang militer Iran, Toofan (Foto: iraneconomist.com via Wikimedia Commons (CC-BY-4.0))
1. Toofan

Toofan merupakan kendaraan militer yang dikembangkan Kementerian Pertahanan Iran. Kendaraan ini berlapis baja dan tahan ranjau darat setara peledak TNT.

Kendaraan militer yang dilengkapi berbagai persenjataan ini berfungsi mengangkut 10 personel untuk melaju pada segala medan berat. Kendaraan ini juga bisa bergerak 'lincah' meski terjebak pada ketinggian air 1,5 meter dan melindas halangan di jalan setinggi 50 sentimeter.

Rodanya dilengkapi ban run flat tyre sehingga jika diserbu tembakan masih bisa menggelinding sejauh 50 km. Sedangkan kecepatan maksimal kendaraan ini 100 km per jam.

[Gambas:Video CNN]

2. Aras 2

Kendaraan taktis Iran yang lain yaitu Aras 2 yang pertama kali diperlihatkan ke publik pada tahun lalu. Memang tidak disebutkan data teknis mobil ini namun pejabat militer mengklaim Aras 2 dapat menjadi andalan baru pasukan Iran selama berjibaku di medan perang.

Aras 2 merupakan generasi penerus pikap militer 4x4 Iran. Pejabat setempat menyebutkan Aras 2 telah disempurnakan agar dapat diandalkan angkatan bersenjata Iran.

Pikap besar ini mampu menerjang medan berat seperti tanjakan, turunan, hingga berbagai halang rintang di medan perang.

Tenaga mobil juga diklaim lebih besar dari sebelumnya. Ada yang mengatakan bila pikap ini menggendong mesin Toyota Land Cruiser yang sudah diseting ulang.


Kendaraan tempur Iran Ra'ad.Kendaraan tempur Iran Ra'ad. (Foto: M-ATF via Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0))


3. Ra'ad


Kendaraan tempur Iran yang satu ini dilengkapi berbagai persenjataan lengkap di bagian atapnya serta punya enam roda. Ra'ad mulai diproduksi pada 2004 dan beroperasi pada 2007.

Mobil dengan berat 3.000 kg ini punya panjang 7,36 meter dan lebar 0,76 meter. Ra'ad juga dilengkapi empat rudal yang memiliki jangkauan 350 km. Rudal dapat bergerak ke segala arah termasuk bersembunyi dari radar deteksi pertahanan rudal musuh.

Seperti diketahui, sumber ketegangan Iran dengan AS semakin memuncak setelah Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan pasukannya membunuh perwira tinggi militer Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, di Bandara Internasional Irak.

Trump yakin Soleimani berencana meledakkan kedutaan AS di Irak sebab itu penyerangan dilakukan.

Usai berduka Iran membalas aksi itu dengan meluncurkan rudal ke pangkalan militer AS di Irak. Trump yang pernah mengancam bakal membalas bila Iran menyerang balik dengan senjata baru menunjukkan sikap melunak dengan mengatakan AS memiliki kekuatan militer terbaik di dunia namun bukan berarti harus melakukannya pada Iran. (ryh/fea)