5 Aplikasi untuk Cek Cuaca Ekstrem

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 08:00 WIB
5 Aplikasi untuk Cek Cuaca Ekstrem Ilustrasi aplikasi. (AJEL/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga Maret 2020. Cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi bakal terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Akibat cuaca ekstrem itu, wilayah Jabodetabek diguyur hujan deras sejak Selasa (31/12) sore hingga Rabu (1/1) siang. Bahkan sebagian wilayah Jabodetabek yang berada dekat aliran sungai terendam.

Guna memastikan prakiraan cuaca itu, berikut daftar aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play Store untuk menghimpun informasi terkait cuaca:


1. Info BMKG

BMKG mengembangkan aplikasi sendiri yang memiliki sejumlah fitur seperti prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, cuaca jalur mudik, peringatan dini cuaca hingga siaran pers BMKG.

Bahkan saat musim mudik tiba, BMKG juga menyediakan informasi terkait prakiraan cuaca yang terjadi di daerah-daerah yang dilewati pemudik disertai dengan trafik lalu lintas.


2. Transparent Clock and Weather Forecast

Aplikasi Android yang dikembangkan oleh MACHAPP ini tidak hanya menampilkan fitur keakuratan prakiraan cuaca. Aplikasi ini menawarkan informasi seperti suhu, kelembapan, kondisi angin, dan lainnya selama 4 hari.

Di Play Store, aplikasi telah diunduh lebih dari 50 juta unduhan. Pengguna juga dapat mengatur tampilan aplikasi seperti pilihan background, ikon cuaca bahkan pilihan jenis font untuk menunjukkan waktu.

3. Weather Live: Forecast and Rain Maps

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan milik Apalon menyediakan sejumlah informasi cuaca selama 7 hari, seperti suhu, kecepatan dan arah angin, informasi tekanan angin dan curah hujan, waktu matahari terbit dan terbenam serta radar cuaca dan peta hujan.

[Gambas:Video CNN]

4. Awesome Wetaher YoWindow - Live Wallpaper, Widgets

Aplikasi ini dapat mendeteksi langsung keadaan cuaca yang ada di sekitar pengguna. Contoh, di suatu daerah sedang hujan lebat, aplikasi akan menyesuaikan keadaan itu dan mentransmisikan ke gambar bergerak.

Pengguna juga bisa memilih beberapa situasi seperti suasana pedesaan, bandara, dan sebuah kota yang menampilkan hilir mudik kendaraan.

5. Weather and Radar

Pengembang WetterOnline mengembangkan aplikasi ini untuk menampilkan informasi prakiraan cuaca hingga 14 hari ke depan. Senada dengan aplikasi serupa lainnya, Anda bisa melihat informasi tekanan angin, kelembapan udara, dan lainnya.

Tak hanya itu, aplikasi ini dibekali fitur radar untuk mengamati kondisi cuaca di berbagai belahan dunia. Hal menarik yang bisa Anda temukan ialah terdapat fitur untuk berswafoto dengan latar belakang kondisi cuaca yang sesuai dengan lokasi Anda.

(din/lav)