BMKG Ingatkan Hujan Petir di Jabodetabek Dua Hari ke Depan

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 13:55 WIB
BMKG Ingatkan Hujan Petir di Jabodetabek Dua Hari ke Depan Ilustrasi hujan petir. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi hujan disertai kilat, petir, dan angin kencang dengan durasi singkat di tiga wilayah di DKI Jakarta.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat di siang, sore hari hingga menjelang malam hari," ujar peringatan dini yang dikeluarkan di laman bmkg.go.id.

BMKG memperkirakan hari ini terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Jakarta Barat, Tangerang, Depok, dan Bogor. Di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang, Depok dan Bogor akan mengalami hujan lokal dalam beberapa saat.


Peringatan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang juga dikeluarkan oleh BMKG pada hari ini Senin (13/1). Masyarakat diminta untuk waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Sementara itu pada Selasa (14/1), BMKG memperkirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Tak hanya di Jakarta, Masyarakat di Jabodetabek juga diminta waspada terhadap hujan petir pada Selasa (14/1).

[Gambas:Video CNN]

Prakiraan Cuaca Nusantara

BMKG dalam keterangan resmi menerbitkan prakiraan cuaca pada Senin (13/1) hingga Selasa (14/1). Daerah-daerah yang akan mengalami potensi hujan lebat pada 13 sampai 14 Januari antara lain, di Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Secara rinci disebutkan, daerah-daerah yang akan mengalami hujan lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (13/1) adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua.

Pada Selasa (14/1), daerah yang akan mengalami hujan lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang adalah sebagai Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua.

Dasar prakiraan ini berdasarkan Madden Julian Oscillation (MJO) yang mulai aktif di kuadran 5 (maritime continent) yang berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian Timur.

Terdapat daerah pertemuan angin yang memanjang di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Laut Jawa, Sulawesi Selatan akibat tarikan dari Siklon Tropis Claudia di perairan Utara Darwin yang bergerak ke Barat Daya.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung bagian Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah bagian Selatan dan Sulawesi. (jnp/lav)