Gunung Taal Filipina Erupsi, Warganet Kirim Doa

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 16:38 WIB
Gunung Taal Filipina Erupsi, Warganet Kirim Doa Gunung Taal di Filipina erupsi. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung berapi Taal di provinsi Batangas, Manila Selatan, Filipina erupsi pada Minggu malam (12/1). Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan letusan ini melontarkan uap, abu, dan kerikil 10 hingga15 kilometer ke langit.

Erupsi ini mengakibatkan evakuasi warga di wilayah Cavite, dilaporkan setidaknya juga ada 170 WNI yang berada di wilayah tersebut. Menyusul erupsi tersebut, warganet di Twitter menggaungkan #PrayForPhilippines. 

Tagar tersebut masuk ke jajaran trending topic di Indonesia.  Sejauh ini telah ada 51 ribu cuitan yang memiliki tagar #PrayForPhilipines. Beberapa warganet membagikan hal-hal prnyinh yang harus dibawa saat melakukan evakuasi.




Beberapa warganet membagikan foto-foto erupsi yang bisa terlihat menimbulkan petir di puncak Gunung Taal. Foto-foto ini seolah merefleksikan dampak dari erupsi. 




Seorang warganet bahkan membagikan abu vulkanik ketika dilihat oleh mikroskop, untuk memberikan bayangan dampak yang diakibatkan ketika menghirup abu vulkanik. Dilihat dalam skala mikroskopis, abu vulkanik merupakan pecahan batu dan kaca vulkanik.


"Kekuatan gas menghancurkan magma dan mendorongnya ke atmosfer di mana ia membeku menjadi pecahan batu dan kaca vulkanik. Bayangkan menghirup kaca yang hancur," kata warganet. 



Doa-doa juga terus mengalir dari cuitan warganet untuk mendoakan keselamatan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Taal.





Seorang warganet juga menyoroti keselamatan binatang-binatang yang hidup di sekitar Gunung Taal. Warganet meminta agar keselamatan binatang juga menjadi prioritas.



[Gambas:Video CNN] (jnp/DAL)