Tiga Gunung di Dunia Erupsi Bersamaan Hanya Kebetulan

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 16:58 WIB
Tiga Gunung di Dunia Erupsi Bersamaan Hanya Kebetulan Gunung Taal di Filipina erupsi. (Foto: AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menilai erupsi bersamaan oleh Gunung Taal di Filipina, Gunung Shintake di Jepang, dan Gunung Popocatepetl di Meksiko hanya sebuah kebetulan.

Hal itu diungkapkan Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devi K. Syahbana menanggapi fakta yang beredar di sejumlah media sosial, terutama Twitter, terkait ada tiga gunung di dunia yang mengalami erupsi secara hampir bersamaan dalam kurun waktu 72 jam. Lantas fakta ini viral dibicarakan warganet, bahkan muncul sejumlah pendapat terkait penyebab fenomena ketiga gunung bisa mengalami erupsi bersamaan.

"Gunung-gunung api tersebut kebetulan di saat yang bersamaan aktivitasnya sedang tinggi. Tapi bisa dipastikan bahwa aktivitas gunung-gunung api tersebut independen satu sama lain, alias tidak berkaitan satu sama lainnya," kata Devy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (14/1).


Lebih lanjut, Devy memastikan isu bahwa ada keterkaitan erupsi tiga gunung tersebut merupakan hal yang tidak benar alias hoaks. Bahkan di Indonesia juga ada beberapa gunung yang sedang mengalami erupsi.


"Sebagai informasi, di Indonesia juga Gunung Api Dukono dan Ibu di Pulau Halmahera sedang erupsi juga," ujarnya.

Devy mengatakan ketiga gunung tersebut memang berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Devy mengatakan setiap hari selalu ada selalu ada gunung api yang mengalami erupsi.

Devy mengatakan gunung Indonesia, Filipina, Jepang dan Meksiko itu memang berada di Ring of Fire (Cincin Api). Cincin api ini adalah lokasi lebih dari 75 persen gunung api yang ada di dunia, setidaknya ada sekitar 450 gunung api.

[Gambas:Video CNN]

"Setiap hari selalu ada gunung api yang erupsi, beberapa di antaranya terjadi bersamaan, tapi tidak berkaitan," kata Devy.

Gunung berapi Taal di provinsi Batangas, Manila Selatan, Filipina erupsi pada Minggu malam (12/1). Sontak saja, warganet menggaungkan tagar #PrayForPhilippines.

Dalam cuitannya, beberapa warganet membagikan fakta bahwa dalam kurun waktu 72 jam, Gunung Shintake (Jepang) dan Gunung Popocatepetl (Meksiko) juga mengalami erupsi. Lantas warganet heboh membahas keterkaitan erupsi ketiga gunung tersebut.





(din/lav)