Suzuki Indonesia Bersiap Luncurkan Low SUV XL7

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 14:56 WIB
Suzuki Indonesia Bersiap Luncurkan Low SUV XL7 Suzuki Ertiga yang jadi basis XL7. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara tidak langsung mengonfirmasi punya rencana meluncurkan produk baru bernama XL7. Jadwal peluncuran tidak disebut, namun diprediksi bakal dilakukan pada bulan depan.

XL7 merupakan mobil jenis low SUV dengan konfigurasi tujuh tempat duduk yang dirancang menggunakan platform Ertiga. Mobil ini menjadi variasi XL6, low SUV enam tempat duduk (jok tengah captain seat) yang sudah dijual di India sejak Agustus 2019.


Suzuki Indonesia Sebentar Lagi Jual XL7Suzuki XL6. (Dok. marutisuzuki.com)
Ketimbang Ertiga, XL7 punya berbagai kelengkapan ciri khas SUV seperti roof rail, fender, dan juga ground clearance tinggi.


XL7 bukan varian baru Ertiga seperti Suzuki Sport atau Dreza, mobil ini juga dipercaya tidak menggunakan formula Cross pada Mitsubishi Xpander. Suzuki akan menyebut XL7 sebagai model baru.

Rencana menjual XL7 di Indonesia sebenarnya sudah terendus sejak akhir tahun lalu. Kemudian foto penampakan XL7 yang beredar di internet pada awal tahun ini semakin menguatkan rumors.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS Harold Donnel mengakui telah beredar foto-foto yang 'mirip XL7'. Dia bilang foto-foto itu sudah banyak beredar di grup Facebook, kalangan dealer, serta media.

[Gambas:Instagram]

Pihak dealer melalui tenaga penjualnya juga diketahui saat ini sudah bergerak di media sosial menawarkan semacam pemesanan awal XL7. Walau begitu Harold memastikan pihak SIS hingga saat ini belum membuka pemesanan secara resmi.

"Cuma kalau kami belum resmi ambil inden," kata Harold saat dihubungi Rabu (15/1).

"Didoakan saja bisa launching secepatnya," ucapnya lagi.

XL7 kemungkinan besar merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia. Hal ini dipertimbangkan dari potensi pasar besar yang sudah dibentuk oleh Toyota Rush, Daihastu Terios, dan Honda BR-V dan juga kedekatan proses produksi dengan Ertiga. (fea)