Ahli: Erupsi Gunung Taal Tak Akan Menular ke Gunung Api di RI

CNN Indonesia | Kamis, 16/01/2020 15:35 WIB
Gunung Taal Filipina erupsi, ahli vulkanologi mengatakan letusan gunung api tidak lah seperti virus flu yang menular ke gunung api lainnya. Gunung Taal Filipina. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan erupsi Gunung Taal di Filipina tidak akan memicu erupsi gunung-gunung api di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Mitigasi PVMBG Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana menanggapi isu bahwa erupsi Gunung Taal akan membangunkan aktivitas gunung-gunung api yang berada di kawasan Cincin Api Pasifik.

"Masyarakat Indonesia tidak perlu takut atau khawatir akibat banyaknya fenomena erupsi yang terjadi saat ini. Erupsi gunung api adalah keniscayaan di Indonesia karena Indonesia terletak di dalam ring of fire," ujar Devy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (15/1).


Isu tersebut semakin ramai dibicarakan karena dalam kurun waktu 72 jam, Gunung Taal di Filipina, Gunung Shintake di Jepang, dan Gunung Popocatepetl di Meksiko.


"Tidak ada hubungannya secara langsung dengan aktivitas gunung api di Indonesia. Karena, setiap gunung api memiliki dapur magma sendiri-sendiri," kata Devy.

Lebih lanjut, ahli vulkanologi Suroso mengatakan letusan gunung api tidak lah seperti virus flu yang menular ke gunung api lainnya.

Mantan  Kepala PVMBG ini mengatakan aktivitas gunung api disebabkan oleh energi tektonik yang bersifat lokal di sekitar gunung api. Ia mengatakan erupsi Gunung Taal tak akan menular ke gunung-gunung api Indonesia yang paling dekat dari Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

"Gunung Taal meletus tidak nular ke gunung api  di Indonesia dan di Sulawesi Utara. Juga sejak dulu, aktivitas Gunung Karangetang , Gunung Soputan dan Gunung Lokon tidak menular ke gunung-gunung api di Filipina dan Jepang," kata Surono.

Surono memberi contoh letusan Gunung Merapi pada 2010 tidak menular ke gunung api, seperti Gunung Slamet. Surono mengatakan erupsi ketiga gunung yang hampir bersamaan tersebut hanya kebetulan.

"Jadi tiga gunung api meletus bersamaan hanya kebetulan saja dan itulah kepastian alam yang kita lihat saat ini. Tidak usah takut khawatir, karena tidak mungkin gunung api di Indonesia meletus karena tertular Gunung Taal," kata Surono.

(jnp/DAL)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK