Duel Catatan Penjualan Mercy dan BMW di Indonesia Selama 2019

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 23:30 WIB
Duel Catatan Penjualan Mercy dan BMW di Indonesia Selama 2019 BMW X1. (Dok. BMW Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persaingan bebuyutan penjualan tahunan dua merek premium, Mercedes-Benz dan BMW, di Indonesia kembali panas pada tahun lalu. Menurut perbandingan klaim penjualan yang dirilis masing-masing merek, Mercedes-Benz kembali memenangkan duel dan mempertahankan diri sebagai merek premium terlaris di Indonesia.

BMW Group Indonesia menyatakan penjualan mobil baru BMW pada 2019 mencapai 2.500 unit. Tiga model terlaris BMW pada tahun lalu adalah X1 (26 persen), Seri 3 (24 persen, dan Seri 5 (17 persen).


Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, penjualan mobil baru BMW mengalami peningkatan, sekitar 6 persen dibanding 2018, meskipun diakui ada sejumlah halangan yang terjadi pada 2019.


"Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pemilu," kata Ramesh.

Sedangkan Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengklaim telah menjual 3.344 unit pada 2019, catatan ini meliputi mobil penumpang dan van.

Komposisi terbesar atas penjualan ini yaitu sedan C-Class sebesar 29 persen, diikuti SUV GLC 19 persen, dan kelompok mobil ringkas yang terdiri A-Class, B-Class, dan CLA menyumbang 18 persen.


SUV Premium Laris

Mercedes-Benz menyebut setiap tiga unit yang laku selama 2019 adalah SUV. Penjualan kelompok SUV, yang terdiri dari GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS dan G-Class mewakili 31 persen dari total penjualan atau berarti sekitar 1.000 unit.

"Keberhasilan kami tahun lalu mencerminkan kesuksesan atas strategi ofensif model kami seperti Compact Cars dan SUV kami yang telah menarik perhatian pelanggan baru maupun lama," kata Kariyanto Hardosoemarto, Deputy Director, Sales Operations and Product Management, Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Beda dari Mercedes-Benz yang secara jenis kontributor terbesarnya SUV, penyumbang penjualan terbesar BMW adalah model tunggal, yaitu SUV terkecil X1. X1 menyumbangkan 26 persen dari total penjualan BMW, itu berarti sekitar 650 unit. (fea)