Kia Seltos Diluncurkan di RI Lewat Perusahaan Baru

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 12:17 WIB
Kia Seltos Diluncurkan di RI Lewat Perusahaan Baru Kia Seltos diluncurkan di Jakarta, Senin (20/1) dengan harga mulai Rp295 juta sampai Rp355 juta on-the-road Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kreta Indo Artha (KIA), anak perusahaan Grup Indomobil meluncurkan Kia Seltos hari ini, Senin (20/1) di Jakarta. Peluncuran Seltos via entitas baru itu membuktikan perusahaan otomotif asal Korea Selatan belum 'mati' di Indonesia.

Presiden Direktur KIA Andrew Nasuri mengatakan Seltos yang didatangkan dari India menjadi 'senjata' kedua Kia untuk melanjutkan aktivitas penjualan otomotif di Tanah Air.

"Kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham teknologi. Karena mobil ini sangat sarat teknologi," ucap Andrew di Jakarta, Senin (20/1).


Kia Seltos merupakan mobil kompak Sport Utility Vehicle (SUV) yang menggendong mesin 1.353 cc turbo dan dikawinkan dengan transmisi DCT tujuh percepatan. Debut global pertama kali Seltos dilakukan di New Delhi, India pada akhir 2019.

Untuk konsumen di Indonesia, perusahaan memasarkan tiga varian Seltos mulai Rp295 juta sampai Rp355 juta on-the-road Jakarta.

Kia sempat mengalami transisi, yaitu soal kepindahan induk usaha dari Kia Mobil Indonesia (KMI) ke Kreta Indo Artha (KIA).

[Gambas:Video CNN]

Sebelum dipegang KIA, merek Kia dipegang oleh Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dan importir mobil-mobil Kia sejak 17 April 2000. KMI berdiri pada 16 Desember 1999.

Perusahaan KIA sendiri merupakan perusahaan patungan yang dibentuk Mei 2019 oleh Indomobil Sukses Internasional dan Sarimitra Kusuma Ekajaya. Sebelum meluncurkan Seltos, KIA sempat meluncurkan generasi baru Picanto, namun tanpa ada perayaan.

Presiden Direktur Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo berharap perusahaan KIA bisa berkompetisi di industri otomotif dalam negeri.

"Rencana ke depan Indomobil melalui KIA akan menghadirkan produk-produk terbaru Kia yang sesuai untuk pasar Indonesia dan mengembangkan fasilitas serta meningkatkan kualitas layanan purna jual mobil Kia di Indonesia," ungkap Jusak saat acara peluncuran Kia Seltos.

KIA berkantor pusat di Indomobil Group, Wisma Indomobil I, Lantai 7, Jl. MT Haryono Kav. 8, Jakarta. Kia merek mobil di bawah payung Indomobil setelah Hino, Volkswagen, Suzuki, Nissan dan Audi. (ryh/mik)