Uang Dicuri, Ilham Bintang Tuntut Ganti Rugi Indosat dan Bank

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 16:05 WIB
Uang Dicuri, Ilham Bintang Tuntut Ganti Rugi Indosat dan Bank Modus pembobolan rekening wartawan senior Ilham Bintang diawali dengan pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) Indosat miliknya. (Foto: CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wartawan senior, Ilham Bintang menuntut agar pihak Indosat dan Bank Commonwealth bertanggung jawab dan segera mengembalikan uang yang diduga dicuri dari rekening Bank Commonwealth miliknya.

Modus pembobolan rekening Ilham diawali dengan pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) Indosat miliknya.

"Saya meminta pertanggungjawaban ke dua-duanya [bank maupun operator]. Yang satu itu sudah mengaku kesalahan verifikasi," ujar Ilham saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (20/1).


Ilham mengatakan selain menuntut pidana, ia juga menuntut perdata agar bisa mendapatkan uangnya kembali. Ia mengaku kehilangan uang ratusan juta akibat pencurian ini.

"Logikanya kalau saya taruh tuduhan ke Anda dan Anda salah, kalau Anda urus ya balikin uang saya," ujarnya.

Pelaku berhasil mengambil alih kartu SIM milik Ilham melalui Gerai Indosat, pelaku diduga menggunakan modus SIM swap atau menukar kartu SIM.

Ilham lebih lanjut belum mengajukan tuntutan immaterial. Ia mengatakan menyerahkan hal tersebut ke kuasa hukumnya, yaitu Elza Syarief.

"Saya cuma melaporkan itu ke polisi dan kemudian saya menguasakan urusan hukum ke Elza Syarief," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Ilham mengatakan dirinya memprioritaskan agar pelaku pencurian dapat diproses secara hukum. Sebab, ketika ia menceritakan pencurian yang ia alami di Facebook, banyak orang yang juga merespons dan mengatakan mengalami penipuan yang sama.

"Karena ketika saya posting itu dan ada ribuan orang yang merespons. Rata-rata mereka itu dirugikan. Jadi perjuangan ini bukan saya sendiri tapi perjuangan untuk melindungi masyarakat juga," ujar Ilham.

Ilham telah melaporkan kasus pembobolan rekening yang dialaminya ke Polda Metro Jaya. Laporan itu terdaftar dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ tanggal 17 Januari 2020.

Dalam laporan itu, pihak pelapor dan korban yakni Ilham Bintang. Sedangkan pihak terlapor masih dalam penyelidikan.

Pasal yang dilaporkan dalam laporan itu yakni tindak pidana pencurian dengan pemberatan pasal 363 KUHP.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan laporan itu telah diterima kepolisian pada Jumat, (17/1).

Yusri menuturkan sampai saat ini penyidik belum menjadwalkan pemeriksaan atau pemanggilan terhadap Ilham. (jnp/mik)